Seorang haji Sumatera Utara asal Kabupaten Asahan wafat saat tiba di kampung halamannya di Kota Kisaran setelah menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci.
 
"Haji atas nama Rusli Selamat (67) meninggal dunia di kampung halamannya di Jalan Mas Manshur Kisaran," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan Saripuddin Daulay melalui telepon seluler dari Medan, Rabu.
 
Rusli Selamat tergabung dalam Kloter 14 Debarkasi Medan yang tiba di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara pada Selasa (9/7) siang pukul 12.57 WIB.
 
Ia sempat mengikuti acara penyambutan dan pelepasan jamaah oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan di Asrama Haji Medan.
 
Kemudian ia juga sempat mengikuti acara penyerahan jamaah haji di pendopo rumah dinas Bupati Asahan, lalu kembali ke rumah bersama keluarganya.
 
Data PPIH Debarkasi Medan menyebutkan, 352 haji Kloter 14 berasal dari empat kabupaten yakni Deli Serdang 319 orang, Asahan 18 orang, Tapanuli Utara enam orang, Humbang Hasundutan satu orang, dan petugas haji delapan orang.
 
Almarhum menghembuskan nafas terakhir saat akan menunaikan ibadah Shalat Maghrib di masjid dekat rumahnya. Saat berada di pintu masuk masjid, lanjut dia, Rusli Selamat sempat terduduk dan mengeluh sakit di bagian dada yang kemudian dibawa ke rumah sakit setempat sebelum dinyatakan wafat.

"Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi-Nya dan segala amal ibadahnya diterima. Bagi keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kesabaran," tutur Saripuddin.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024