Kontingen Kota Medan tampil mendominasi pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Sumatera Utara (Popprovsu) 2024 yang berakhir Sabtu (6/7/2024). Medan hampir menguasai semua cabang olahraga yang dipertandingkan, kecuali wushu.

Dominasi Kota Medan dimulai dari cabang judo. Pada cabang judo, Medan terlalu dominan dengan raihan 9 emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Mereka unggul jauh dari Deliserdang yang berada di posisi kedua dengan 1 emas, 2 perak, dan 6 perunggu.

Di cabang gulat, Medan juga tidak tergoyahkan. Mereka meraih 7 emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Deliserdang kembali di posisi kedua dengan 4 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Dari cabang atletik yang dimainkan di Stadion Madya Desa Sena, Medan juga kokoh di puncak dengan 8 emas, 4 perak, dan 7 perunggu. Mereka unggul atas Tapanuli Selatan yang berada di posisi kedua dengan 5 emas, 4 perak, dan 2 perunggu.

Begitu juga di cabang karate, Medan di posisi pertama dengan raihan 5 emas, 1 perak, dan 5 perunggu. Posisi kedua ditempati Gunungsitoli dengan 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Kota Medan juga unggul di cabor tinju dan taekwondo. Di cabor tinju, Medan meraih 6 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Sedangkan di cabor taekwondo, Medan mengumpulkan 5 emas, 4 perak, dan 4 perunggu.

Di cabang bola voli, Medan meraih satu medali emas dari kategori putri. Sementara emas kategori putra direbut Deliserdang.

Medan hanya gagal menjadi juara umum di cabang Wushu. Di cabor olahraga asal Tiongkok ini, Medan berada di posisi ketiga dengan raihan 1 emas dan 3 perunggu. Posisi pertama diraih Karo, disusul Humbanghasudutan di posisi kedua.

Popprovsu 2024 ini ditutup Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Sumut, H Baharuddin Siagian di PPLP Sumut, Sabtu (6/7/2024). Dalam sambutannya, Bahar menghimbau kepada atlet pelajar di Sumut untuk lebih serius berlatih. Dia juga menghimbau pelajar di Sumatera Utara untuk menjauhi narkoba, tawuran, dan geng motor.

"Jauhi narkoba, tawuran, dan geng motor. Seriuslah berlatih karena kalian merupakan atlet masa depan Sumatera Utara," pesannya.

Sebelumnya, Bahar mengatakan, Popprovsu 2024 ini sangat penting sebab sebagai ajang menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2025 di mana Sumut sebagai tuan rumah.

"Di Popprovsu ada sebanyak 1.400 atlet pelajar yang bertanding  untuk mengharumkan nama daerahnya masing-masing. Ini juga persiapan kita menyambut Popnas 2025 yang mana Sumut sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Selain itu, event ini juga bertujuan  untuk menjaring atlet-atlet baru yang berbakat. "Popprovsu ini menjadi saksi lahirnya bintang-bintang olahraga masa depan yang siap mengharumkan nama daerah dan bangsa di kancah nasional maupun internasional," pungkasnya. 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024