Penjabat Bupati Tapanuli Utara, Dimposma Sihombing mengungkapkan, permasalahan keuangan daerah yang mengalami defisit anggaran serta alasan tidak ditampungnya pembiayaan atlet yang berlaga telah menimbulkan kenyataan miris hingga memaksa Pj Bupati Taput untuk merogoh kocek sendiri dalam menyemangati para atlet yang bertanding di Pekan Olahraga Pelajar Sumatera Utara tahun 2024.

"Sungguh miris, di saat atlet daerah lain bisa tampil memukau dari sisi dukungan anggaran, namun atlet kita tampil seadanya karena pembiayaannya tidak ditampung di anggaran. Tentunya, para atlet harus tetap kita dukung, dan saya berupaya memacu semangat mereka dengan memberikan uang puding agar mereka tampil semangat dan memberikan yang terbaik dalam agenda Porprovsu 2024," terang Pj Bupati Dimposma, saat meninjau kegiatan Porprovsu yang digelar di Medan, (2/7).

Disebutkan, Pekan Olahraga Pelajar Sumatera Utara 2024 dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 7 Juli 2024 yang diikuti seluruh atlet dari kabupaten kota, termasuk atlet dari Kabupaten Tapanuli Utara.

Kontingen atlet pelajar Taput mengikuti nomor pertandingan dari empat cabang olah raga, yakni atletik sebanyak 14 orang atlet dan 2 pelatih, 11 atlet ditambah 2 pelatih untuk cabang karate, 7 atlet dan 1pelatih untuk cabang wushu, serta Judo yang diikuti 1 atlet dan 1 pelatih.

"Perasaan saya bertambah prihatin saat mengetahui bahwa seluruh kebutuhan dana peserta ditanggung secara mandiri dari atlet masing-masing karena anggarannya direfocusing," sebutnya.

Padahal, meski anggaran untuk kebutuhan para atlet direfocusing, kondisi anggaran daerah bukan malah bertambah baik, sebab kondisi terkini, APBD Taput mengalami defisit anggaran yang tidak sedikit.

"Mudah-mudahan semuanya ada hikmahnya, dan para atlet pelajar yang bertanding di Porprovsu 2024 mampu menorehkan yang terbaik demi mengharumkan nama Tapanuli Utara," tukasnya.

Dimposma juga berjanji, selaku Pj Bupati, ke depan akan berusaha semaksimal mungkin memberikan atensi terhadap pengembangan atlet di Taput.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024