Kepolisian Resor Tanah Karo siap mengamankan festival bunga dan buah di Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) pada 4-6 Juli 2024.

"Jumlah personel yang kami kerahkan sesuai kebutuhan dalam acara tersebut," ujar Plh Kepala Polres Tanah Karo AKBP Oloah Siahaan saat dihubungi dari Medan, Sabtu, malam.

Oloan melanjutkan jika nantinya acara nasional ini dikunjungi wisatawan cukup banyak, bisa jadi pihaknya akan meminta pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sumut untuk membantu.

Sementara itu dalam teknis pengaman lalu lintas, dia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas perhubungan (Dishub) setempat dalam pengaturan kendaraan yang mengarah dari Medan ke Kabanjahe maupun sebaliknya.

"Rekayasa lalu lintas nanti sesuai kebutuhan maupun parkir di tempat acara tersebut," kata Oloan.

Untuk menyukseskan acara nasional di Karo tersebut, pihaknya juga melibatkan polisi pariwisata untuk membantu para pengunjung maupun pengaman di acara tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo menargetkan sebanyak 80.000 wisatawan hadir di acara festival bunga dan buah

"Kami optimistis target tersebut akan terealisasi dengan putaran uang selama acara berlangsung mencapai Rp7 miliar," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo Munarta Ginting.

Menurut Munarta, pada tahun 2023 jumlah wisatawan yang hadir pada acara yang masuk agenda nasional ini mencapai 65.000 orang dari target 50.000 orang.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024