Sebanyak 3.303 atlet dari 21 kecamatan bersaing menjadi yang terbaik pada Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XIV, yang sekaligus pula dijadikan ajang menjaring atlet muda potensial untuk dibina KONI Medan.

Ketua KONI Medan Eddy Sibarani di Medan, Jumat, mengatakan, Porkot yang kali ini digelar pada 15-22 Juni 2024 mempertandingkan 23 cabang olahraga dengan melibatkan 3.303 atlet dan 768 ofisial.

"Porkot Medan XIV juga menjadi sarana untuk menjaring atlet-atlet pelapis yang akan dipersiapkan pada event empat tahun ke depan seperti Porprov Sumut 2026 dan PON tahun 2028," katanya.

Ia mengatakan inti dan target Porkot yang setiap tahun digelar tersebut adalah untuk mencari atlet-atlet muda potensial yang menjadi pelapis atlet senior dalam berbagai ajang nantinya, baik tingkat Sumut maupun nasional.
Disampaikan juga bahwa sejauh ini atlet nasional maupun Sumut yang berasal dari Kota Medan, sebagian besar pernah berlaga di Porkot Medan sebelum akhirnya ditarik menjadi atlet binaan KONI Medan.

"Kalau dipersentasekan, mungkin sekitar 95 persen atlet nasional maupun atlet Sumut sekarang berasal dari Kota Medan merupakan jebolan Porkot Medan yang sudah 14 kali kita gelar. Itu memang sudah menjadi komitmen kami bagaimana pembinaan yang ada dapat terus berlanjut demi lahirnya atlet-atlet berkelas nasional," katanya.

Terkait persiapan pelaksanaan Porkot kali ini, ia mengatakan persiapan sudah rampung dan berharap penyelenggaraan akan sukses baik di acara seremonial pembukaan dan penutupan serta pertandingan-pertandingan.

"Persiapannya sudah rampung, di mana acara pembukaan berlangsung Sabtu sore ini. Kami mengundang masyarakat untuk hadir menyaksikan, karena pembukaannya sudah dirancang menarik dengan berbagai atraksi dan hadiah melalui lucky draw," katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, khususnya Pemkot Medan yang memberikan dukungan penuh demi suksesnya penyelenggaraan multi even tahunan tersebut.

"Porkot Medan akan berlangsung untuk ke-14 kali. Jadi sudah seharusnya pelaksanaan tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses. Apalagi antusias dari Pengcab/Pengkot, dan KONI Kecamatan cukup tinggi untuk berpartisipasi dan menuai prestasi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024