PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menyatakan, stok gas minyak cair (LPG) tiga kilogram bersubsidi cukup untuk kebutuhan di Sumatra Utara saat Hari Raya Idul Adha 2024 dan libur yang menyertainya.

"Kami menjamin distribusi dan stok LPG dalam kondisi aman di Sumut," ujar Area Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Regional Sumbagut Susanto August Satria di Medan, Kamis.

Pria yang akrab disapa Satria itu menyebut, untuk pemenuhan kebutuhan di Sumut, Pertamina Patra Niaga Sumbagut menyiapkan penguatan stok LPG tiga kilogram sebanyak 251.440 tabung.

Dia menegaskan, kebijakan penguatan stok ditetapkan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan LPG di Sumut saat Idul Adha sampai cuti bersama.

Penguatan stok LPG di Sumut, Satria menambahkan, dilaksanakan selama masa libur Idul Adha dan vakansi pada Juni 2024.

Dia pun mengimbau masyarakat agar membeli LPG tiga kilogram di pangkalan resmi Pertamina sehingga bisa mendapatkannya dengan harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah setempat.

Pertamina Sumbagut juga meminta masyarakat bijak dalam menggunakan LPG tiga kilogram dengan tidak menimbun dan menjual kembali gas bersubsidi tersebut.

Satria pun menekankan, berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Migas No. B-2461/MG.05/DJM/2022, ada beberapa usaha yang dilarang menggunakan LPG tiga kilogram bersubsidi.

Usaha tersebut yakni hotel, restoran, usaha penatu, peternakan, tani tembakau, batik, usaha jasa las dan lain-lain.

Selain elpiji tiga kilogram, Satria menyampaikan, pihaknya juga menjamin ketersediaan LPG nonsubsidi yaitu Bright Gas tersedia di lapangan baik di pangkalan maupun outlet mudah diakses masyarakat.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024