Penjabat Bupati Tapanuli Utara (Taput) Dimposma Sihombing mengungkapkan, pengerjaan perbaikan kerusakan pipanisasi air bersih yang mengakibatkan krisis air  bersih di dua kecamatan  akan segera dimulai hari ini demi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat daerah ini.

"Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat akan pentingnya ketersediaan air bersih merupakan hal pokok yang harus disegerakan," ujar Pj Bupati Taput Dr Dimposma Sihombing, Sabtu (1/6).

Dua daerah yang mengalami krisis air bersih itu yakni Kecamatan Tarutung dan Kecamatan Siatasbarita.

Dalam kunjungannya ke lokasi kerusakan pipanisasi di Siualuompu, Dimposma meminta agar pihak Balai WIlayah Sungai Sumatera II segera memperbaiki kerusakan pipanisasi air bersih tersebut demi memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai tindak lanjut permohonan yang telah disampaikan ke Kantor BWSS II dan Sekjend Kemen PUPR, belum lama ini.

"Hari ini, perbaikan kerusakan pipanisasi harus segera dikerjakan agar air bersih segera tersalurkan kepada masyarakat yang mengalami krisis air minum di dua kecamatan," tegas Pj Bupati Taput.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Taput didampingi Kadis PUPR Dalan Simanjuntak, Kadis Perkim Budiman Gultom, Camat Tarutung Reynhard Lumbantobing, dan Direktur Perumda Mual Natio Lamtagon Manalu.

Menanggapi permintaan Pj Bupati, Satker OP BWSS II, Indra Kurnia berjanji untuk segera melaksanakan perbaikan pipanisasi air bersih tersebut dengan langkah pertama tanggap darurat.

"Hari ini, upaya perbaikan pipanisasi akan segera dikerjakan sekalian perencanaan lapangan berjalan, Pak," sebut Indra Kurnia.
 

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024