PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mengintensifkan pengawasan terhadap kualitas dan distribusi elpiji tiga kilogram bersubsidi di Provinsi Sumatera Utara.

Sales Branch Manager Pertamina Patra Niaga Rayon I Medan Sigit Wicaksono di Medan, Sumut, Jumat, mengatakan salah satu upaya untuk itu adalah dengan melakukan inspeksi mendadak di beberapa tempat termasuk stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE) serta stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE).

"Kegiatan ini dilakukan guna memastikan kelaikan kuantitas dan kualitas elpiji yang akan diedarkan melalui SPBE," ujar Sigit.

Dia melanjutkan pada Kamis (30/5/2024), pihaknya bersama perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara melakukan inspeksi mendadak di dua SPBE di Medan dan Deli Serdang.

Menurut Sigit, hal tersebut dilakukan untuk memastikan tepat jumlah, takaran dan kualitas elpiji tiga kilogram yang akan diedarkan melalui lembaga penyalur SPBE di wilayah tersebut.

Dari inspeksi tersebut, pihak PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut dan Pemprov Sumut tidak menemukan adanya anomali atau ketidaksesuaian antara takaran berat tabung dan isi elpiji tiga kilogram bersubsidi.

Berdasarkan temuan tersebut, semua sampel tabung elpiji tiga kilogram memiliki berat tabung kosong lima kilogram dengan berat isi gas tiga kilogram. Sementara berat total tabung dan isi rata-rata berat di atas delapan kilogram.

Terkait hal tersebut, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting memastikan pihaknya terus melakukan pemutakhiran sistem seluruh lembaga penyalur untuk tetap memberikan layanan terbaik mulai dari pengisian elpiji tiga kilogram di SPBE hingga yang akan disalurkan ke masyarakat.

"Pertamina secara berkala melakukan pengecekan dan pengawasan di stasiun pengisian gas di SPBE dan SPPBE, agar setiap jumlah dan takaran LPG yang dipasarkan benar-benar tepat ke masyarakat," tutur Irto dalam keterangannya.

Sebelumnya, Selasa (28/5/2024), Pertamina Patra Niaga dan Kementerian ESDM juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SPPBE di Kabupaten Deli Serdang.

Pada hari yang sama, Pertamina Patra Niaga, Kementerian ESDM, OPD Pemerintah Kota Medan dan Hiswana Migas DPC Sumatera Utara (Sumut) juga menginspeksi penggunaan LPG ke sejumlah hotel, restoran dan kafe di Medan.

Dari inspeksi itu, kualitas elpiji tiga kilogram tidak ada masalah dan tidak ditemukan penggunaan elpiji tiga kilogram di hotel, restoran dan kafe yang diperiksa.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024