Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Sabtu (18/5) sore dan malam hari.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan, Jumat, mengatakan, potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut harus diwaspadai karena dapat menyebabkan menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologi lainnya.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah pegunungan, lereng barat, pantai barat dan sebagian lereng timur Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologi lainnya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Sabtu siang dan sore hari berpotensi hujan lebat di Langkat, Medan, Binjai, Karo, Simalungun, Asahan, Deli Serdang, Pematang Siantar, Batubara, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan lebat di Kota Medan, Binjai, Deli Serdang, Asahan, Pematang Siantar, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Dini hari hujan ringan di Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Padang Lawas Utara.

Sementara suhu udara rata-rata 16 – 33,0 derajat Celcius, kelembapan udara 65 – 98 persen dan angin berhembus dari tenggara-barat daya, 10 – 30 km/jam.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024