Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara mengapresiasi beroperasinya kantor perwakilan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) I Medan di gedung Sinar Mas Land Plaza. 
 
"Kami menyambut baik hadirnya kantor perwakilan LPS I Medan, semoga memberikan manfaat bagi masyarakat kita," ungkap Plh Sekda Kota Medan Benny Sinomba Siregar di Medan, Jumat. 
 
Peresmian kantor perwakilan LPS I Medan ini, lanjut dia, ditandai penandatanganan prasasti oleh Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa didampingi Pj Gubernur Sumut Hassanudin.
 
Selain di Kota Medan, lembaga penjamin simpanan ini nantinya akan membuka dua kantor perwakilan lain, yakni Kota Makasar, Sulawesi Selatan dan Kota Surabaya, Jawa Timur. 
 
"Hal ini bertujuan agar LPS bisa lebih dekat dengan masyarakat menghadirkan layanan, edukasi dan penjaminan kepada nasabah di seluruh Indonesia," tutur Benny.
 
Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa saat meresmikan kantor perwakilan LPS I Medan, mengaku pemilihan Kota Medan sebagai salah satu lokasi perwakilan didasari berbagai pertimbangan.
 
Satu di antaranya bahwa Kota Medan adalah salah satu kota besar di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan transaksi bisnis yang tinggi.
 
"Sumatera Utara merupakan salah satu pusat ekonomi di Indonesia. Hal ini terlihat dari porsi produk domestik regional bruto (PDRB) Sumut terhadap PDB Indonesia sepanjang 2023 yaitu sebesar 4,89 persen," katanya.
 
Pada 2023, lanjut dia, pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara mencapai 5,01 persen YoY, sedangkan dana pihak ketiga (DPK) Februari 2024 mencapai Rp319,9 triliun atau setara 3,91 persen dari total DPK nasional, dan 37,08 persen DPK di Sumatera.
 
"Per Februari 2024, DPK Sumatera Utara tumbuh 6,43 persen YoY," kata Purbaya. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024