Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-56 tingkat kabupaten di Lapangan Bola Patuan Muda Parlindungan, Desa Tolang, Kecamatan Sipirok, Jumat (26/4) malam.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, bahwa MTQ tersebut dapat membina ukhuwah islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar islam di Tapsel, sekaligus menjaring qari dan qariah untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi Sumatera Utara 2024.

"Selain itu, dapat pula menjadikan qari dan qariah menuju kemandirian. MTQ juga sarana pembelajaran dan evaluasi masyarakat dalam menghayati nilai-nilai keagamaan untuk memberantas buta aksara Al Quran di wilayah ini," kata Dolly.

Sebelumnya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Panitia Hamdan Zen dalam laporannya mengatakan, MTQ Ke-56 ini mulai 26-28 April 2024 dengan 14 cabang mata lomba.

Peserta dari seluruh 15 se-Tapanuli Selatan berjumlah 655 orang terdiri dari 526 kafilah dan 129 ofisial serta 117 orang dewan hakim.

Sebelum acara pembukaan, pada sore harinya digelar pawai taaruf yang diikuti 3.180 peserta termasuk para kafilah dalam rangka untuk memeriahkan MTQ Ke-56 itu.

Masyarakat pun menyaksikan pawai tersebut yang membuat sisi kiri dan kanan jalan mulai dari simpang Simaninggir - Alun-Alun Adian Pardomuan (panggung kehormatan) hingga Kantor Camat Sipirok berubah lautan manusia.

MTQ Ke-56 ini, kata Bupati, juga menjadi barometer persiapan Tapsel sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Ke-39 tingkat Provinsi Sumut di Sipirok, juga di Tapanuli Selatan, pada 1-10 Juli 2024.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024