Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara mencatat volume lalu lintas kendaraan yang melintas di jalan tol Tol Belawan- Medan- Tanjung Morawa (Belmera) mencapai 2.138.256 unit selama H-7 hingga H+5 masa periode mudik dan balik Idul Fitri 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Agustinus mengatakan volume lalu lintas kendaraan yang melintas di jalan tol Tol Belawan- Medan- Tanjung Morawa merupakan volume tertinggi jika dibandingkan dengan jalan tol di Sumut lainnya

"Kendaraan yang melintas pada arus mudik sebanyak 1.387.088 unit dan pada arus balik hingga H+5, sebanyak 751.168 unit," ujar Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, di Medan, Jumat.

Berdasarkan data Posko Induk Monitoring Dinas Perhubungan Sumut volume lalu lintas di sejumlah ruas jalan tol di wilayah ini menujukan aktivitas yang tinggi jika dibandingkan pada hari normal.

"Ruas jalan Tol Binjai- Tanjung Pura pada periode yang sama kendaraan yang melintas tercatat sebanyak 233.882 unit masa," kata dia.

Lalu, volume lalu lintas pada ruas jalan Tol Medan – Tebing Tinggi selama arus mudik dan balik tercatat sebanyak 422.023 unit kendaraan dan jalan Tol Tebing Tinggi – Indra Pura – Kisaran sebanyak 365.894 kendaraan.

"Pergerakan kendaraan di sejumlah ruas jalan tol tersebut menunjukkan aktivitas yang tinggi selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah," kata dia.

Saat ini, kata dia, puncak arus balik mudik Lebaran 2024 mudik Lebaran 2024 di provinsi setempat sudah terlewati dengan lancar dan aman.

"Puncak arus mudik yang terjadi pada H+2, H+3 Lebaran atau Sabtu-Minggu sudah terlewati. Secara keseluruhan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang menghambat," kata dia.

Menurutnya, kelancaran lalu lintas pada puncak arus balik mudik Lebaran 2024 tersebut atas dukungan seluruh elemen masyarakat yang sudah bekerja sama menciptakan mudik yang ceria dan penuh makna di wilayah ini.

"Dishub Sumut bersama pemangku kebijakan telah melakukan berbagai upaya. Hal itu untuk memberikan pelayanan yang baik pada Lebaran tahun ini," ujar dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024