Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Sumatera Utara membuka penjaringan bakal calon kepala daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-wilayah setempat.

Ketua DPW PKS Sumut Usman Jakfar mengatakan penjaringan bakal calon kepala daerah dibuka untuk seluruh tokoh masyarakat baik dalam internal maupun di luar partainya.

"Jadi sejak hari ini PKS Sumut mengajak seluruh tokoh tokoh di Sumut putra putri terbaik untuk mempersiapkan bakal calon kepala daerah baik Gubernur, Walikota dan Bupati. Selain itu juga PKS juga akan mempersiapkan kader terbaik untuk disiapkan sebagai calon kepala daerah," ujar Usman pada acara Kick Off Pilkada serentak 2024 DPW Partai PKS Sumut, di Medan, Rabu.

Ia mengatakan penjaringan bakal calon kepala daerah ini akan dilakukan pada 4 April hingga Juli 2024 atau sebelum bulan Agustus 2024 karena sudah dimulai tahapan pendaftaran calon kepala daerah di masing masing KPU setempat.

"PKS membuka diri untuk berkomunikasi dengan semua partai politik dalam rangka mempersiapkan calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada 2024," kata dia.

Pada kesempatan itu, Usman menjelaskan ada tiga jalur yang akan digunakan pada sesi penjaringan tersebut antara lain melalui jaring aspirasi masyarakat, mendata tokoh tokoh potensial dan yang terakhir akan melakukan jalur internal.

"Selain itu juga, PKS akan mempersiapkan beberapa nama kader yang potensial yang dapat kita tawarkan kepada masyarakat untuk menjadi bakal calon gubernur atau wakil gubernur, wali kota atau wakil wali kota, bupati atau wakil bupati," sebut dia.

Sementara itu, Ketua Penjaringan dan Penyaringan Pilkada Sumut, Amsal Nasution, mengatakan penjaringan kepala daerah ini, seluruh balon Kepala Daerah, harus mengikuti tahapan yang ditetapkan oleh PKS hingga nantinya akan diputuskan dan ditetapkan DPP PKS.

"Proses penjaringan dan penyaringan itu efektif sejak mulai hari ini dan ujungnya itu kita menyesuaikan dengan pendaftaran di KPU, jadi di daerah akan ada tahapan sampai Juli, dari Juli ke Agustus itu akan ada tahapan di DPP dan pada Agustus sudah siap mendaftar di DPP," kata Amsal

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024