Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menyebut pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayahnya berjalan dengan lancar dan aman karena semua pihak menjaga kondusivitas wilayah.

"Beberapa waktu lalu, diseluruh penjuru Indonesia melaksanakan proses pemilihan umum. Saya mengucapkan rasa terima kasih karena sudah berperan menjaga suasana yang kondusif di wilayah ini," ujar Hassanudin pada acara berbuka puasa bersama dengan seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut, di Medan, Senin.

Suasana kondusif yang tercipta ini, kata dia, tidak terlepas dari peran seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan dan keharmonisan antarsuku dan budaya dalam pelaksanan Pemilu 2024.

"Tentunya dalam menciptakan suasana tersebut, kita sadari merupakan peran dan kerja keras kita semua. Rekan rekan forkopimda yang telah bahu-membahu dengan tokoh masyarakat, tokoh pemuda maupun keterlibatan masyarakat Sumatera Utara," kata dia.

Untuk itu, ia berharap suasana kondusitif tersebut dapat terus ditingkatkan oleh seluruh elemen masyarakat sehingga keharmonisan di Sumatera Utara terus terawat dengan baik.

"Tentu kebersamaan dan kekompakan sangat penting untuk menyukseskan tugas tugas kita yang menyejahterakan rakyat, terutama dalam menghadapi agenda besar yang akan diaksanakan, kedepan suasana tersebut dapat terjaga pada Pilkada serentak yang diadakan tahun ini juga," sebutnya.

Pada Rabu (14/2), Sumut bersama seluruh provinsi di Indonesia melaksanakan Pemilu 2024 untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD provinsi serta DPRD kabupaten-kota.

Di provinsi beribu kota Medan itu ada 45.875 TPS yang tersebar di 33 kabupaten dan kota, 455 kecamatan, 5.417 desa serta 693 kelurahan.

KPU Sumut menetapkan 10.853.940 pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 yang terdiri dari 5.360.844 laki-laki dan 5.493.096 perempuan

Saat ini, KPU Sumut telah merampungkan rekapitulasi hasil penghitungan hasil perolehan suara Pemilu 2024 tingkat provinsi dari seluruh 33 kabupaten/kota se-wilayah Sumut

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024