Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, mendukung daerah itu sebagai lokasi kuliah kerja nyata internasional perguruan tinggi negeri wilayah barat dan sejumlah perguruan tinggi luar negeri yang direncanakan pada Agustus-September 2024.

"Pemkab Samosir siap menerima dan akan menjadi tuan rumah yang baik sebagai lokasi KKN internasional," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Tunggul Sinaga di Samosir, Rabu.

Sebanyak 100 mahasiswa berasal dari 38 PTN wilayah barat dan perguruan tinggi luar negeri akan mengadakan kuliah kerja nyata (KKN) internasional di Kabupaten Samosir.

Universitas Sumatera Utara (USU) yang menjadi tuan rumah KKN internasional, memilih Kabupaten Samosir sebagai lokasi kegiatan itu. Hal tersebut salah satu buah kerja sama antara Pemkab Samosir dengan USU.

Dia mengharapkan KKN internasional tersebut sebagai proyek percontohan yang memberikan dampak saling menguntungkan.

Ia menyebut KKN internasional yang pertama di Sumut dan baik dalam rangka membina mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan yang cinta tanah air serta mengenal wilayah dan masyarakat.

"Satu hal bahwa kegiatan itu begitu baik dan banyak permintaan menambah peserta, banyak keinginan mahasiswa untuk KKN di Samosir, semoga apa yang kita inginkan berjalan dengan baik menghasilkan sesuatu yang berguna bagi Kabupaten Samosir dan masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Rektor USU Muryanto Amin menilai program KKN internasional tersebut sebagai penting karena dapat memenuhi indikator kinerja utama ke-2 (IKU-2) dan memungkinkan kolaborasi dengan kampus-kampus di luar Indonesia.

"Pertama sekali saya sampaikan bahwa alasan sangat penting untuk diadakan KKN internasional ini kita harus bisa memenuhi IKU-2 dan bisa berkolaborasi dengan kampus-kampus di luar Indonesia, itu mungkin sangat penting," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024