Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Medan, Sumatera Utara, mengimbau perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan tanggap pengaduan warga atas pembangunan dan pelayanan publik.

"Kita berharap ke depan lebih cepat merespon pengaduan-pengaduan yang disampaikan warga di Sp4n Lapor!," ucap Kepala Diskominfo Kota Medan Arrahmaan Pane di Medan, Jumat.

Pihaknya mengaku Sp4n Lapor! merupakan singkatan dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat, dan akun media sosial Wali Kota Medan.

Arrahmaan menekankan saat ini warga Kota Medan lebih suka menyampaikan pengaduan langsung ke akun Instagram Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Pak Wali juga menanggapi komentar maupun DM (direct message/pesan langsung) yang masuk ke instagramnya. Karena itu, admin media sosial perangkat daerah tanggap jika pengaduan maupun komentar dinas maupun kecamatan," katanya.

Ia mengingatkan supaya admin media sosial perangkat daerah menyampaikan pembangunan yang sudah dilakukan Pemkot Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Bobby Nasution.

"Ini tahun terakhir periode kepemimpinan Bapak Wali Kota Bobby Nasution. Sampaikan kepada warga apa yang telah dikerjakan oleh masing-masing perangkat daerah," ungkap Amon sapaan akrabnya.

Selain itu, banyak pula yang telah dilakukan perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan, namun belum tersampaikan dengan utuh kepada warga Kota Medan.

Amon juga mengapresiasi United States Agency for International Development (USAID) tentang tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien dan kuat (Erat) dan Pattiro karena memfasilitasi kegiatan ini.

"Saya berharap kegiatan ini membuat tim pengelola Sp4n Lapor! kian semangat dan aktif melayani setiap pengaduan warga Kota Medan," ucapnya.

Perwakilan USAID Erat Hawari Hasibuan mengatakan, peserta kegiatan ini merupakan tim pengelola Sp4n Lapor! menjadi garda terdepan memberi pelayanan pengaduan warga.

"Suatu pengaduan itu harus direspons dengan baik, dilayani dengan baik, dan dijawab dengan baik. Ini salah satu upaya kita memperbaiki pelayanan," ungkapnya.

Direktur Eksekutif Pattiro Bejo Untung menyebutkan pihaknya dipercaya USAID Erat untuk mengawal pelaksanaan pengelolaan pengaduan Sp4n Lapor! pada 12 kabupaten/kota di Sumut.

"Kita sudah berkeliling ke sembilan kabupaten/kota, dan Medan adalah kota kesepuluh yang kami kunjungi," papar dia.*

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024