Bupati Deli Serdang, Sumatera Utara, HM Ali Yusuf Siregar menyebutkan sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian Kabupaten Deli Serdang yang dibuktikan dengan luasnya lahan pertanian di daerah itu.

"Pada lahan sawah, Kabupaten Deli Serdang memiliki luas sekitar 30.546 hektare dengan total produksi padi 533.088 ton pada Tahun 2023," katanya di Lubuk Pakam, Kamis, terkait panen raya padi di Desa Wonosari, Kecamatan Tanjung Morawa.

Ia mengatakan dari total 30.546 hektare lahan padi tersebut, 2.730 hektare berada di kecamatan Tanjung Morawa, dengan total produksi padi sebesar 41.513 ton Tahun 2023.

'Selain itu, terdapat juga 1.931 kelompok tani di Kabupaten Deli Serdang dan 133 di antaranya berada di kecamatan Tanjung Morawa," tambahnya.

Deli serdang sendiri telah banyak memberikan kontribusi pada hasil pertanian, khususnya padi di Sumatera Utara dan menjadikan kabupaten itu sebagai salah satu lumbung pangan di Provinsi Sumatera Utara.

Terkait panen raya padi di Tanjung Morawa tersebut, ia menekankan, hal tersebut merupakan sebuah kebahagiaan dan wujud rasa syukur, khususnya bagi para petani yang telah bekerja keras menanam dan merawat, sehingga hasilnya bisa dipanen.

Panen padi tersebut merupakan bukti nyata ketekunan dalam mengelola sawah yang dilakukan para petani.

"Keberhasilan panen padi ini merupakan salah satu faktor penting dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. Walaupun saat ini terjadi kelangkaan beras yang mengakibatkan harga jual mengalami kenaikan, namun melalui panen padi ini menunjukkan masih ada harapan untuk kita dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat," katanya.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan. Membantu para petani dalam meningkatkan produksi padi, sehingga Kabupaten Deli Serdang bisa menjadi contoh bagi kabupaten lainnya di Indonesia.

Selain itu, kata dia, perlu disadari pentingnya kerjasama dan kolaborasi dalam memajukan pertanian, baik antara pemerintah dan masyarakat. Maka dari itu, sinergitas dan kolaborasi yang telah terjalin selama ini bisa terus berjalan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat Deli Serdang.

"Mudah-mudahan ini semua akan meningkatkan semangat dan dorongan bagi seluruh pihak untuk berpartisipasi dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. Kita berharap ke depannya, usaha pertanian yang dilakukan akan semakin sukses dan lebih maju, sehingga bisa lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan seluruh petani di daerah ini," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024