Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara, AKBP Ernis Sitinjak melalui Kasi Humas Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, pihaknya menurunkan sebanyak 40 personil untuk mengamankan pemungutan suara ulang Pemilu yang digelar di TPS 05 Desa Hutatinggi, Kecamatan Parmonangan, Taput.

"Sebanyak 40 personil diturunkan untuk mengamankan PSU yang dilaksanakan hari ini di TPS 05 Desa Hutatinggi, Kecamatan Parmonangan," ujar Aiptu Walpon kepada Antara, Rabu (21/2).

Pengamanan yang disiapkan telah berlaku mulai semalam sejak pendistribusian kotak suara dari KPU ke PPK dan dari PPK ke PPS hingga hari saat pelaksanaan PSU di TPS.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Utara, Suwardy Pasaribu mengatakan, TPS 05 di Desa Hutatinggi, Kecamatan Parmonangan, Taput akan menggelar pemungutan suara ulang sesuai  rekomendasi Bawaslu setempat.

"Besok pada 21 Februari 2024, PSU akan dilaksanakan di TPS 05 Desa Hutatinggi, Kecamatan Parmonangan, Taput," ujar Ketua KPU Taput Suwardy, Selasa (20/2).

Disebutkan, pelaksanaan pemungutan suara ulang direkomendasikan Bawaslu berdasarkan poin permasalahan surat suara yang digunakan pemilih tidak dibubuhi tanda tangan Ketua KPPS saat pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari 2024 lalu.

"KPU wajib melaksanakan rekomendasi Bawaslu, makanya kita sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan pemerintah dan lembaga terkait untuk persiapan pelaksanaan PSU yang dijadwalkan besok," jelasnya.

Untuk pelaksanaan PSU, KPU Taput akan mempersiapkan logistik bagi sebanyak 174 pemilih terdaftar ditambah dua persen surat suara cadangan.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024