Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar Diskusi Kelompok Terarah atau Focus Group Discussion (FGD) tentang penyusunan data publikasi Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dalam angka tahun 2024 di Aula Sarasi Kantor Bupati Tapsel, Rabu (7/2), sebagai salah satu upaya mengakselerasi pembangunan wilayahnya.

"FGD ini penting untuk mendapatkan data sektoral yang akurat dan berkualitas untuk akselerasi pembangunan Tapanuli Selatan," kata Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu dalam keterangan diterima, Kamis (8/2).

Publikasi Tapsel dalam angka 2024 yang di susun dalam FGD ini, lanjut Bupati Tapsel, akan dipakai untuk kepentingan pemerintah pusat dan daerah, akademisi, pihak swasta dan juga masyarakat secara keseluruhan.

"Selain itu, dokumen tersebut sebagai informasi dasar pertimbangan pengambilan kebijakan dan keputusan serta evaluasi hasil pembangunan Tapsel sebagai informasi pendukung dalam berbagai penelitian," ujar Bupati.

Untuk meningkatkan data Kabupaten Tapsel ini, kata Bupati, kolaborasi (diskusi) seluruh OPD dan instansi vertikal sangat diperlukan. Termasuk konfirmasi kepada BPS (Badan Pusat Statistik) Tapsel.

"Dalam forum ini saya minta seluruh produsen data agar memberikan komitmen dalam pemenuhan data yang berkualitas, yang akan dirilis pada 26 Februari 2024 mendatang," tutur dia.

Dolly juga berharap BPS Tapsel sebagai pembina data statistik untuk melakukan pembinaan terhadap data-data statistik sektoral yang dihasilkan OPD, dan sesuai NSPK (norma, standar, prosedur dan kriteria) statistik.

Sementara itu, Kepala BPS Tapsel, Zainal Arifin, mengatakan tujuan FGD antara lain sebagai sarana diskusi terhadap data-data yang telah disampaikan oleh OPD dan instansi kepada BPS Tapsel. "Kolaborasi OPD dan BPS daerah Tapsel ini untuk perbaikan publikasi Tapsel dalam angka, serta mendukung sistem statistik nasional sesuai peraturan perundangan-undangan," kata Zainal.

Di sisi lain, Bupati Tapsel dalam kesempatan ini memberikan penghargaan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kategori OPD tercepat pada pemenuhan data serta Dinas Pertanian sebagai OPD tercepat dan terbaik kategori jumlah tabel terbanyak pada pemenuhan data dalam angka tahun 2024.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024