General Manager Operasional PT Agincourt Resources (GMO PTAR), pengelola Tambang Emas Batangtoru menyebut OlympiAR 2024 yang mereka inisiasi merupakan medium bagi mahasiswa untuk dapat meningkatkan intelektualitas pada bidang pertambangan di negara ini.

"Harapannya, semakin banyak lagi mahasiswa (bidang pertambangan) yang percaya diri, berani unjuk kemampuan dan bersaing secara sehat dengan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia," ujar  Rahmat saat membuka acara Online Talkshow OlympiAR 2024, Selasa (6/2).

Talkshow yang diikuti Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI), mahasiswa, dan sejumlah media di Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 peserta ini bertajuk “Harmony in the Elements, Navigating Sustainable Mining Practices." Dengan sejumlah nara sumber para ahli.

Menurut Rahmat, pertambangan berkelanjutan itu diyakini bukan cuma praktik, melainkan mesti ditopang pengembangan keilmuan yang diperoleh dari berbagai aktivitas di lingkungan kampus seperti diskusi antara praktisi dan civitas academica, riset dan kompetisi.

"Oleh sebab itu OlympiAR ini menjadi medium bagi mahasiswa untuk belajar dan meningkatkan intelektualitas-nya di bidang pertambangan melalui warisan pengetahuan dan keterampilan dari para praktisi pertambangan," katanya lagi.

Bahkan tidak hanya itu, lanjut Rahmat, bahwa OlympiAR menjadi medium bagi mahasiswa untuk meningkatkan soft skill: keterampilan memecahkan masalah, berpikir kritis, manajemen tim, disiplin, dan bersikap sportif.

"OlympiAR 2024 sesuai tajuk dengan fokus bagaimana pertimbangan geokimia dan lingkungan dapat bekerja secara harmonis dalam industri pertambangan bisa membantu mahasiswa siap terjun sebagai profesional dengan komitmen keberlanjutan," harap Rahmat.

Untuk itu, tambahnya, Ia (Rahmat) memberikan apresiasi atas diselenggarakannya Kembali kegiatan OlympiAR (Olimpiade Agincourt Resources) Tambang Emas Martabe tahun 2024 ini dengan semangat bahwa dunia pendidikan akan dapat menunjang kemajuan pertumbuhan ekonomi dan sosial di negara kita Indonesia.

Turut hadir di acara yang dipandu moderator Adi Sulaksono (Exploration Geologist Geo Fix Indonesia) antara lain Ketua Umum MGEI Pusat, Rosalyn Wullandhary, Ketua Bidang Pengembangan Ilmu MGEI, David Iswanto, Country Manager IMDEX, Ryan Crains dan manajemen PTAR.

Sedang pembicara Carl Brauhart selaku Independent Principal Consultant, Putra Sadikin selaku Product Manager IoGASIMDEX Limited, Candra Nugraha selaku Mining Environmental Specialist and Environment Complaint Advisor, dan Putu Suputra Utama selaku Superintendent Exploration PT Agincourt Resources.

OlympiAR 2024 atau kedua (setelah 2022) ini resmi dibuka oleh Direktur & CFO PTAR Noviandri Hakim di Kampus Universitas Dipanegoro, Semarang, Jawa Tengah Desember 2023 lalu. PTAR juga menyediakan informasi rinci tentang OlympiAR 2024 di situs web www.agincourtresources.com dan media sosial resmi Agincourt Resources.       

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024