Pj (Pejabat) Gubernur Sumatera Utara ( Gubsu) Hassanudin mengajak pemerintah daerah, penyelenggara, aparat keamanan dan masyarakat berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan umum ( Pemilu) tahun 2024 yang aman dan damai di Kabupaten Padang Lawas.

Baik pemilu anggota legislatif tingkat DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR Pusat ( RI), DPD dan pemilihan presiden dan wakil presiden, tangal 14 Februari mendatang, juga pemilihan serentak kepala daerah tanggal 27 Nopember 2024 mendatang.

Ajakan itu, disampaikan Pj Gubsu Hassanudin dalam kutipan arahan bimbingannya pada agenda silaturrahmi temu tokoh masyarakat, rangkaian dari acara kegiatan kunjungan kerjanya, di Kabupaten Padang Lawas, Selasa (30/1) sore.

Guna mewujudkan pelaksaan pemilu damai itu nanti, Pj Gubsu Hassanudin menambahkan 7 pesan poin himbauan untuk diindahkan bersama. Pertama, menjaga persatuan dan kesatuan. Kedua, mendukung sepenuhnya pemilu dan Pilkada tahun 2024 yang aman, demokratis, sejuk dan damai serta mentaati semua peraturan perundang - undangan yang berlaku. Ketiga, memastikan diri terdaftar dalam daftar pemilih, laksanakan hak pilih sebagai warga negara yang baik. 

Keempat, menjadi peserta pemilu yang cerdas dan berintegritas. Kelima, menolak dan melawan segala bentuk politik uang, black campaign, fitnah, politisasi sara, berita hoax dan pelanggaran hukum lainnya. Keenam, tingkatkan soliditas antar warga, segera laporkan kepada aparat keamanan setiap potensi kerawanan yang ada. Dan ketujuh, meningkatkan partisipasi dan kesadaran dalam mengawasi jalannya pemilu dan pilkada.

"Mari bergandengan tangan dan berkolaborasi antara pemerintah provisi, pemerintah daerah, penyelenggara, aparat keamanan dan seluruh masyarakat mensukseskan pemilu 2024,"kata Pj Gubsu Hassanudin.

Di kesempatan ini, Pj Gubsu Hassanudin juga menyebutkan peran kunci tokoh masyarakat Padang Lawas sebagai mitra pemerintah provinsi Sumatera Utara dalam mewujudkan program - program pembangunan, mulai dari sektor potensi sumber daya alam, sektor peternakan, perkebunan, hingga budaya.

"Untuk itu, mari terus bersinergi meningkatkan potensi yang ada, guna peningkatan program pembangunan, peningkatan perekonomian daerah, dan kesejahteraan masyarakat,"tutur Pj. Gusu dihadapan puluhan tokoh masyarakat dan tokoh adat Palas yang hadir pada acara ini, di GOR Palas Bercahaya, Sibuhuan, Kecamatan Barumun. 

Untuk strategi peningkatan aspek kesehatan, termasuk menurunkan kasus stunting di Palas, Pj. Gubsu menyarankan ke Pemkab Palas pentingnya menggalakkan kembali poda nalima sebagai rujukan " Pola Hidup Sehat" bahagian dari warisan budaya kearifan lokal dari para pendahulu masyarakat Tabagsel ( Tapanuli Bagian Selatan) di Palas. 

"Galakkan kembali poda nalima. Sinergi dengan tokoh masyarakat, aparatur desa dan kader - kader posyandu. Alokasikan dana desa untuk mendukung operasional para kader di posyandu. Semoga penurunan kasus stunting di Palas ke depan sesuai harapan bersama,"tandas Pj Gubsu. Setelah sebelumnya, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Palas beserta Forkopimda dan tokoh masyarakat Palas atas sambutan mereka terhadapnya beserta rombongan di acara itu.

"Saya sangat senang dan bahagia datang kesini disambut dengan meriah. Saya berharap melalui pertemuan ini akan terbangun komunikasi yang baik antara kita semua ke depan," katanya.

Sebelumnya, Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP) mengucapkan selamat datang kepada Pj Gubsu Hassanudin beserta rombongan di Kabupaten Padang Lawas.

Untuk situasi tahapan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Padang Lawas saat ini, disampaikan AZP kepada Pj Gubsu Hassanudin, berjalan aman dan terkendali. 

"Alhamdulillah situasi Kamtibmas juga aman dan damai pak di Kabupaten Padang Lawas. Ini berkat kolaborasi kerjasama yang baik antara Pemkab Palas, dengan TNI - Polri juga dengan seluruh elemen masyarakat Palas yang terus bergandengan tangan untuk menciptakan bersama situasi Kamtibmas yang aman dan damai di Kabupaten Padang Lawas,"lanjut AZP.

Kemudian, mewakili masyarakat Palas, AZP menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj Gubsu Hassanudin dan jajaran atas pelaksanan peningkatan pembangunan di Kabupaten Padang Lawas tahun anggaran 2023 lalu. Termasuk peningkatan pembangunan sejumlah ruas jalan provinsi di Palas.

"Terimakasih sekali lagi yang setinggi - tinginya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, atas dukungan pembangunannya di Kabupaten Padang Lawas selama ini. Kami berharap kepada bapak Gubernur dan jajaran agar dukungan yang sama untuk peningkatan pembangunan dari berbagai sektor tetap menjadi perhatian prioritas dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara ke depan, termasuk ditahun anggaran 2025 nanti,"sambung AZP.

 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024