Agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) diminta untuk terus menjaga integritas dan komitmen sebagai mitra BPJS Ketenagakerjaan.

"Dalam hal pendaftaran dan pelayanan terhadap peserta, kunci utama dan pertama adalah integritas saat pendaftaran. Harus menjaga integritas," kata Wakil Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut Dr Sanco Simanullang di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan Agen Perisai merupakan wajah dan perpanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat luas.

Integritas merupakan tindakan dan karakter mulia yang mengandung kredibilitas dan norma untuk mencegah seseorang dari berbuat tidak baik.

Sehingga setiap Agen Perisai dalam mengakuisisi pekerja harus bener benar eligible atau memenuhi syarat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Jangan asal main daftar. Harus cek kebenaran status sedang bekerja. Daftarkanlah yang benar benar pekerja. Sebab, agar risiko yang timbul kelak, tidak menjadi tanggung jawab Agen Perisai. Maka dari awal harus secara jelas status pekerjaannya," katanya.

Ia meminta Agen Perisai untuk benar-benar mengedepankan komitmen dan mendaftarkan para pekerja sesuai kriteria dan prosedur yang berlaku, sehingga ke depan tidak menimbulkan perbedaan persepsi dan masalah dalam perolehan manfaat.

"Pendaftaran secara fiktif itu bagian dari fraud dan itu tercela yang dapat merugikan diri sendiri. Itu juga mencoreng nama baik martabat institusi dan juga peserta Jamsostek sendiri," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024