Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menyebutkan tindakan kejahatan menurun di wilayahnya karena ada peningkatan patroli.

"Terbukti pada September-Desember 2023 angka kejahatan jalanan di Kota Medan dan daerah lainnya menurun setelah ditingkatkan patroli presisi," ujar Wakil Kepala Polda Sumut Brigjen Pol. Rony Samtama di Medan, Kamis.

Rony mengatakan, data rekapitulasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pada September-Desember 2023 cenderung mengalami penurunan dengan jumlah 22,37 persen.

Kejahatan yang cenderung menurun terjadi tersebut, dia mengatakan pada tindakan aksi begal, geng motor maupun lain-lain yang sudah ditangkap oleh petugas.

"Hasil pengungkapan itu di antaranya komplotan begal ditangkap di Belawan yang seluruh positif narkotika," ucapnya.

Oleh karena itu, menurut Rony Polda Sumut terus berkomitmen dalam pemberantasan narkoba serta menjadi program prioritas menjadi narkoba sebagai musuh bersama.

Program ini merupakan rencana Polda Sumut tahun di antaranya pemberantasan narkotika yang rutin melaksanakan kegiatan pemberantasan narkoba dan program rehabilitasi sukarela kepada masyarakat.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi menambahkan pelabuhan maupun bandara juga diperketat pengawasannya untuk mengantisipasi masuknya narkoba dan daerah lain-lain.

"Penangkapan ini merupakan komitmen Polda Sumut dalam memberantas peredaran narkotika di wilayah ini," tuturnya.


 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024