Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran Sumut Ade Jona Prasetyo menyatakan program makan siang dan pemberian susu gratis oleh capres dan cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Ini akan menjadi peluang besar apabila impor dapat ditekan dengan mengoptimalkan kemandirian ekonomi berbasis UMKM," kata Ade dalam keterangan tertulis yang diterima di Medan, Senin.

Politikus Partai Gerindra itu optimis program itu dapat membenahi Indonesia banyak sisi, terutama UMKM. Pada 2022, Indonesia mengimpor susu mencapai 205.000 ton merupakan terbesar sejak lima tahun terakhir.

Pria yang juga menjabat Ketua HIPMI Sumut ini menegaskan, makan siang dan pemberian susu gratis merupakan langkah pemenuhan gizi anak bangsa sekaligus pencegahan stunting. 

Prabowo-Gibran juga punya keinginan kuat agar pelaku UMKM dilibatkan dalam program ini. "Program ini akan menciptakan kemandirian dalam negeri dan membenahi sistem perekonomian melalui pengembangan UMKM,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya berkeyakinan pemberian makan siang dan susu gratis tersebut menjadi pondasi dasar dalam mengantarkan Indonesia Emas 2045.

Narasi Indonesia Emas 2045 tidak mungkin terealisasi, jika stunting masih menjadi isu nasional dan UMKM tidak berkembang. "Program ini sangat urgen diterapkan untuk menekan jumlah stunting di Indonesia," ungkapnya.

Data BKKBN saat ini akan stunting memang dalam posisi penurunan di semester ke-2 pada 2023. Tapi masih kurang substantif karena ada 11,3 juta keluarga beresiko stunting di semester ke-2 tahun 2023.

"Pak Prabowo dan Mas Gibran juga sudah hitung dengan kalkulasi yang mumpuni, dan program ini benar-benar bisa direalisasikan. Pak Prabowo dan Mas Gibran punya semangat menciptakan keberlanjutan, percepatan dan penyempurnaan. Semangat ini ada di dalam program makan siang dan susu gratis ini,” ujar dia.

Dirinya berharap kepada Allah SWT untuk memudahkan jalan kemenangan bagi pasangan Prabowo-Gibran dalam memimpin bangsa Indonesia.

"Saya juga pelaku UMKM. Saya punya sahabat, saudara, dan tetangga yang bergerak di UMKM. Ini tentu peluang besar bagi bangsa Indonesia dalam menciptakan UMKM berkembang dan Indonesia Emas," kata Ade.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024