Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Belawan menyebutkan sebanyak 166 pemudik yang mengikuti program mudik gratis dengan berlayara menggunakan kapal KM Kelud menuju Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau.

"Hari ini berangkat pemudik gratis yang naik KM Kelud sebanyak 166 orang dengan kuota 682 tiket gratis," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Rivolindo di Medan, Sabtu.

Ia melanjutkan fasilitas program mudik gratis ini masih ada dengan menggunakan kapal KM Dorolonda pada 7 Januari 2024.

"Fasilitas penumpang dengan tiket gratis tersebut sama dengan yang berbayar, tidak ada pembeda seperti diberikan makanan dan lainnya," ucap Rivolindo.

Dia menambahkan untuk keseluruhan penumpang yang berangkat dengan KM Kelud menuju Batam sebanyak 3.700 orang.

"Jumlah okupansi yang berangkat sekarang penuh, sementara yang datang dari Batam 1.600 orang," ucapnya.

Rivolindo mengharapkan ke depan tiket gratis untuk pemudik ini bisa berlanjut yang dibuat oleh pemerintah seperti pada Lebaran mendatang.

Terpisah, Kepala Cabang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Medan Biwa Abi Laksana mengatakan pemudik gratis ini baru pertama dibuat dari Belawan ke Batam.

"Tiket gratis ini diutamakan untuk kriteria tertentu seperti lanjut usia, pelajar maupun masyarakat tidak mampu," ucapnya.

Sampai saat ini, kata Biwa pihaknya masih membuka pendaftaran untuk mudik gratis melalui daring di situs Pelni untuk keberangkatan Dorolonda pada 7 Januari 2024.

Sebelumnya, Pelni Cabang Medan menyebutkan sebanyak 1.364 tiket gratis dari Kementerian Perhubungan tersedia untuk embarkasi atau keberangkatan dari Pelabuhan Belawan Medan, Sumatera Utara, menuju Batam, Kepulauan Riau.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024