Arus deras Sungai Barumun merusak jembatan gantung yang menghubungkan Desa Sabarimba dan Desa Limbong, Kecamatan Barumun Baru, Padang Lawas, Kamis (28/12) malam.

Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin mengatakan, aliran sungai merobohkan satu dari tiga tiang penyangga tali jembatan tersebut.

Akibatnya, konstruksi lantai sambungan pada jembatan itu juga ikut terputus. Akses melewati jembatan gantung penghubung itu pun tertutup sementara.

Sebelumnya, pada Rabu (27/12), air Sungai Barumun juga sempat menerjang jembatan gantung di Desa Tanjung Morang, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas, yang membuat sarana penyeberangan itu rusak berat.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Lawas Irsan Soleh Lubis menambahkan, rusaknya jembatan penghubung Desa Sabarimba dan Desa Limbong membuat PLN memutus kabel listrik yang membentang di jembatan tersebut.

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi ancaman gangguan arus listrik PLN bagi warga sekitar, sebelum dilakukan perbaikan

Sementara Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin mengimbau masyarakat di wilayahnya untuk meningkatkan kewaspadaan saat musim hujan seperti saat ini, terutama yang tinggal di sekitar aliran sungai dan pegunungan.

Miptahuddin pun meminta masyarakat untuk segera memberikan informasi kepada polisi apabila melihat adanya potensi bencana alam dan longsor agar dampaknya bisa segera diantisipasi.

"Semoga musim hujan ini segera berakhir dan kita semua terhindar dari ancaman banjir dan longsor," tutur dia.





 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023