Zoo Siantar atau Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) tidak hanya sekadar ada, terus berbenah dalam upaya memberikan hiburan keluarga yang menarik dan menyenangkan. 

Ada, (mendekati) 800-an ekor satwa dari 200-an spesies, dipelihara dan dirawat. Sebagian dari satwa-satwa, bahkan bisa bergaya di atas panggung. 

"Ini bagian dari edukasi pengenalan satwa kepada pengunjung," ujar Manager THPS Bayu Anggriawan, Rabu (27/12). 

Various Animals Show, begitu sebutan untuk pangung terbuka pertunjukan sejumlah satwa di belakang Galeri Museum, ditampilkan untuk hiburan baru pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Berang-berang, burung Merpati, Kakak Tua, Macaw (paruh bengkok), Binturong, Marmut, Kucing, Ayam Kate dan Mutiara. 

Satwa-satwa ini ada yang main bola basket, joget, jualan bakso, mengibarkan bendera, terbang ke tangan pengunjung, mengutip sampah, main balok warna, mangkok sulap dan meniti balok. 

Atraksi ini pun menjadi daya tarik bagi pengunjung. Buktinya, ada peningkatan kunjungan sebesar 30-40 persen pada libur Natal 2023 dibanding Natal 2022.

Nah, untuk kenyamanan pengunjung pada libur Nataru, pengelola mencadangkan empat pintu ke luar di area seluas 4,5 hektare ini mengantisipasi desak-desakan. 

Begitu juga, pengunjung dan keluarga bisa rehat melepas lelah di 11 joglo yang tersebar di kawasan THPS ini. 

Soal keamanan, Bayu mengatakan, pengelola berkoordinasi dengan pihak kepolisian, militer, pemerintah daerah dan organisasi kepemudaan serta masyarakat sekitar. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023