Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut meluncurkan aplikasi Sisprolaga (Sistem Informasi Peningkatan Prestasi Olahraga) sebagai langkah awal mewujudkan satu data keolahragaan di Sumatera Utara.

“Siprolaga akan memastikan ketersediaan data sumber daya dan organisasi olahraga untuk kepentingan olahraga dan sebagai acuan pengambilan kebijakan pembangunan keolahragaan daerah. Mulai dari tahapan perencanaan, alokasi sumber dana, pelaksanaan maupun evaluasi program keolahragaan,” kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian di Medan, Kamis.

Melalui aplikasi itu, pengembangan sistem data keolahragaan akan terintegrasi sebagai Satu Data Keolahragaan Provinsi Sumatera Utara.

Kehadiran sistem informasi ini, akan membantu pemerintah dan stakeholder olahraga daerah melakukan pemetaan potensi daerah, potensi atlet dan pelaku olahraga, pemberian bantuan pendanaan.

“Termasuk juga pemberian bantuan sarana dan prasarana olahraga, bantuan pembinaan dan pengembangan olahraga dan penghargaan pada atlet," katanya.

Dia mengatakan, Sisprolaga akan mempermudah akses data keolahragaan bagi masyarakat dan industri olahraga. Karena itu, dia berharap, dukungan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk bekerjasama menyajikan data tenaga keolahragaan dan organisasi keolahragaan.

“Karena aplikasi ini butuh kerja sama dan data dari semua pihak terkait,” ujarnya.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan PON XXI 2024 sudah semakin dekat, yakni 265 hari ke depan. Sebagai tuan rumah, untuk meraih prestasi Sumut harus lakukan pembinaan dan pengembangan olahraga secara terencana, sistematis, terpadu, berjenjang dan berkelanjutan.

“Tentu juga dengan manfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan berbasis digital serta dalam mewujudkan penyenggaraan desain olahraga daerah,” ujarnya.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sumut, Budi Syahputra, M.Si, menambahkan, pihaknya mengembangkan aplikasi itu untuk memaksimalkan pembangunan keolahragaan di Sumut dan inovasi tersebut dinilai memerlukan sinergitas semua pihak.

“Kami akan berikan tutorialnya. Data-data yang diperlukan, harus bisa disediakan untuk diunggah ke aplikasi ini,” katanya.

Kabid Pembinaan Prestasi PBVSI Sumut Indra Kasih mengatakan, aplikasi Siprolaga merupakan jawaban dari kebutuhan kekinian dalam pembinaan olahraga daerah. Menurutnya, semua pihak perlu bekerjasama agar manfaat aplikasi ini maksimal.

“Aplikasi ini menjadi awal pemanfaatan big data dalam keolahragaan di Sumut. Ke depan, perlu dibuat indikator talent scouting berbasis teknologi ini, untuk menjaring calon atlet potensial," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023