Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Sumatera Utara Manna Wasalwa Lubis mengatakan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memacu pihaknya untuk membuat kebijakan yang responsif gender.

"Penghargaan yang kita terima ini akan lebih memacu langkah-langkah konkret untuk membuat berbagai kebijakan dan program pembangunan yang responsif gender dengan melibatkan seluruh pemangku kebijakan terkait," ujarnya usai menerima penghargaan itu di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, pengarusutamaan gender (PUG) di Sumut masih membutuhkan berbagai upaya dan inovatif yang dilakukan oleh semua pemangku kebijakan di wilayah ini.

"Pembangunan PUG di Sumut masih membutuhkan berbagai upaya terobosan yang imajinatif dan inovatif kepada semua pihak," katanya.

Untuk itu, kata dia, Pemprov Sumut terus berkomitmen memberdayakan perempuan, melindungi hak perempuan serta memenuhi hak anak dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik.

"APE ini merupakan sebuah capaian yang bukan hanya dilakukan oleh satu dua orang saja, namun merupakan kolaborasi dan kerja sama dari berbagai pihak, di antaranya lembaga Layanan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan dan juga bentuk kesuksesan Pemprov Sumut dalam mewujudkan lingkungan kerja yang harmonis, sehingga seluruh OPD dapat bersinergi dengan optimal," sebutnya.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga mengajak seluruh menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati, dan wali kota untuk mengintegrasikan perspektif gender dalam peningkatan nilai pada seluruh komponen pembentuk indeks-indeks tersebut.

"Hal ini sebagai bagian dari target-target yang dituangkan dalam RPJMN, RPJMD, Rencana Strategis Kementerian/Lembaga/Daerah, serta rencana kerja pemerintah daerah," ujarnya.

Ia menjelaskan sebanyak 360 instansi telah melaporkan hasil evaluasi penyelenggaraan PUG melalui evaluasi mandiri. Sejumlah instansi tersebut yakni 16 kementerian/lembaga, 28 provinsi, dan 316 kabupaten/kota.

"Hasil evaluasi mandiri selanjutnya memasuki tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan (melalui sampling), kemudian verifikasi akhir. Hasil verifikasi akhir terdapat 12 Kementerian/lembaga, 25 provinsi dan 237 kabupaten/kota menerima penghargaan APE Tahun 2023," katanya.

APE sendiri merupakan penghargaan atas komitmen dan peran para pimpinan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023