Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) siap berkolaborasi dengan Perum LKBN ANTARA dalam mempromosikan destinasi wisata Danau Toba, Sumatera Utara, yang termasuk destinasi super prioritas di Indonesia.

Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan, di Medan, Selasa, mengatakan, untuk semakin memopulerkan destinasi Danau Toba memang sangat dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya dalam mempromosikan keindahan dan aneka kekayaan alam yang dimiliki danau itu di mata dunia.

Termasuk tentunya kerja sama dengan LKBN ANTARA yang memang memiliki jaringan internasional. Kolaborasi BPODT dengan ANTARA tentunya menjadi langkah yang sangat positif bagi pengembangan destinasi wisata Danau Toba melalui pemberitaan yang positif.

"Kami memang sangat butuh kerja sama dengan teman-teman media, tentunya dalam kerangka yang saling menguntungkan bagi kita semua. Ini juga diterapkan oleh Kemenparekraf yang memang melibatkan media untuk mengusung citra positif pariwisata Indonesia di mata dunia," katanya.

Hal itu ia sampaikan saat menerima kunjungan Kepala LKBN ANTARA Biro Sumut Azhari bersama sejumlah staf di Kantor BPODT di Medan. Dalam kesempatan itu, Jimmy didampingi Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik Bambang Cahyo Murdoko, Direktur Industri dan Kelembagaan Raja Malem Tarigan dan Direktur Pemasaran BPODT Wahyu Galih Dito.

Tentunya kerangka kerja sama yang akan dibangun nantinya, lanjut dia, semata-mata demi kemajuan pariwisata Sumatera Utara, khususnya Danau Toba yang memang sudah menjadi salah satu fokus pemerintah dengan ditetapkannya sebagai salah satu destinasi super prioritas di tanah air.
Kepala LKBN ANTARA Biro Sumut Azhari bersama staf berfoto dengan Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan dan sejumlah staf saat silaturahmi di Kantor BPODT, Medan, Selasa (19/12/2023).


"Kami menyadari sangat penting peran media,bukan hanya sekedar membantu kita untuk menyuarakan program program kita atau memasarkan Danau Toba. Namun media juga membantu kami dalam menjaring aspirasi di tengah-tengah masyarakat yang tentunya dapat menjadi masukan bagi kami," katanya.

"Sekali lagi ini bisa kita rancang, apakah kerja sama kita nantinya kita tuangkan dalam bentuk MoU atau bagaimana. Kami siap menjalin kerja sama dengan ANTARA. Bahkan kalau ANTARA ingin memberikan pelatihan terkait jurnalistik, kami siap memfasilitasi," katanya.

Sementara Kepala LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara Azhari dalam kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi tawaran tersebut dan kunjungan awal tersebut sebagai langkah awal bagi kedua pihak untuk saling berkolaborasi.

LKBN ANTARA, kata dia, selama ini menjalankan apa yang menjadi fungsinya sebagai kantor berita nasional sesuai dengan yang diamanahkan pemerintah. 

Di Sumatera Utara ada BPODT yang konsen dalam pengembangan destinasi wisata Danau Toba. Tentunya sudah menjadi keharusan bagi LKBN ANTARA untuk mendukungnya, terutama dalam hal turut mempromosikannya melalui pemberitaan yang positif.

"Kami pada prinsipnya sebagai kantor berita nasional terus mendukung hal-hal untuk kepentingan negara dan bangsa yang ada di Sumatera Utara.Kami siap untuk menjalin kerja sama dengan BPODT, yang tentu saja untuk mengangkat kawasan Danau Toba ini sebagai salah satu kekayaan bangsa," katanya.

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023