Pengprov Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sumatera Utara terus memaksimalkan persiapan demi mematangkan persiapan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 dan yang menjadi salah satu titik fokus adalah peningkatan stamina para atlet.

Ketua PBVSI Sumut Wiko Siregar di Medan, Jumat, mengatakan, atlet bola voli Sumut terus memacu diri untuk lebih mematangkan persiapan menghadapi PON mendatang, selain latihan taktik, peningkatan stamina juga menjadi titik fokus yang terus dimaksimalkan.

"Saat ini jangkauan lompatan atlet voli kita sudah mendekati di angka 3 meter dari standar nasional 3,2 meter. Ini terus kita pacu sampai mendapat hasil maksimal. Selain menggenjot kesiapan fisik, kita juga terus mempertajam teknik-teknik dalam permainan," katanya.

"Melihat perkembangan voli di Indonesia saat ini, kita memang harus memacu diri. Mengingat persaingan olahraga voli begitu kompetitif. Terlebih dalam menghadapi atlet voli Jawa Barat dan Jawa Timur. Apalagi di dua provinsi itu ada atlet nasionalnya," katanya.

Ia juga menyampaikan atlet yang masuk dalam pelatda untuk persiapan menghadapi PON adalah atlet yang benar-benar sudah terseleksi melalui berbagai kejuaraan.

"Mereka diseleksi dari berbagai tahapan. Seperti melalui Porprov, kejurda, kejurnas maupun kejuaraan antar klub. Kita menjaring atlet-atlet terbaik berbagai daerah di Sumatera Utara," katanya.

Untuk tinggi badan atlet putra, kata dia, saat ini rata-rata 180 centimeter dan atlet putri 165 centimeter.

"Berdasarkan pengalaman tanding, atlet putri kita dimungkinkan menyumbangkan medali. Apalagi pelatih putri kita datangkan dari Jepang," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023