Sedikitnya 1.000 bibit pohon di tanam dan 1.500 ekor benih ikan ditabur oleh masyarakat di Dusun Hutaimbaru, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, bersama Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu.

"Aksi bersama tanam pohon dan tabur ikan di daerah sekitar dan aliran Sungai Sinanda ini untuk menjaga ekosistem atau upaya pelestarian lingkungan," kata Bupati Tapsel dalam keterangan tertulis diterima, Sabtu.

Menurut Bupati, menjaga kelestarian alam itu penting. Dimana pohon yang ditanam kelak memberi manfaat besar menjaga tanah sekaligus kantong-kantong air (sumber daya air). Demikian hal benih ikan yang ditabur untuk menjaga dari kepunahan.

"Oleh sebab itu, saya sangat mengapresiasi kegiatan tanam 1.000 bibit pohon dan menabur 1.500 benih ikan yang dilakukan masyarakat Kecamatan Sipirok ini," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapsel, Ongku Muda Atas Sormin,  mengatakan kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya konservasi sumber daya air dan pelestarian habitat sungai.

Adapun 1.000 bibit pohon yang ditanam itu mulai jenis pohon beringin putih, alpukat, durian, dan nangka. Sedang benih ikan yang ditabur seperti benih ikan nila, benih ikan mas, dan benih ikan jurung.

Sebaliknya salah satu tokoh masyarakat Mangatas Simanjuntak tidak lupa mengucapkan terima kasih atas tingginya perhatian Bupati Tapsel Dolly Pasaribu yang mau hadir bersama masyarakat melakukan tanam pohon dan tabur benih ikan tersebut.

Turut hadir di acara ini Kadis Perikanan Tapsel, Kabag Prokopim, Kabag Umum, Camat beserta Forkopimcam Sipirok, Kades Luat Lombang, Ketua Yayasan Ekosistem Lestari, Mewakili PT. Agincourt Resources, PT. NSHE, perwakilan UGNP dan UIN Padangsidimpuan, Pemerhati Lingkungan Hidup Tapsel, dan Masyarakat Desa Luat Lombang.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023