Perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi, PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) kembali meluncurkan program corporate social responsibility kepada masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Kali ini, kelompok tani Rukun, Desa Hutaraja, Kecamatan Panyabungan Selatan mendapat 1.000 ekor ayam kampung dari perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi itu.

Bantuan tersebut diserahkan pimpinan PT SMGP, Terry Satria Indra melalui Koordinator Community Development, Ngalim dan Koordinator Community Relation, Ade Robi kepada kelompok, Kamis (14/12).

Kepala Teknik Panas Bumi PT SMGP, Terry Satria Indra menerangkan, jika program corporate social responsibilty ini sudah berjalan sejak pertengahan tahun 2023 yang lalu dengan sasaran lima pilar program yakni ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sosial budaya.

Ia menyampaikan, program tersebut dijalankan secara berkelanjutan dengan harapan masyarakat mampu meningkatkan produktivitas, sehingga perekonomian keluarga dan masyarakat meningkat.

Koordinator Community Development, Ngalim berharap agar bantuan dari perusahaan itu nantinya dirawat dengan baik sehingga usaha itu dapat berkembang sehingga ekonomi masyarakat kedepan dapat bangkit.

"Ayam kampung salah satu komoditas yang dicari-cari masyarakat baik kebutuhan konsumsi dagingnya maupun telurnya. Sebelum menentukan program ini kita terlebih dahulu melakukan survey dan pemetaan kebutuhan pasar. Lalu bersama-sama anggota kelompok kita memutuskan program apa yang akan dilaksanakan," ujarnya.

Selain Desa Hutaraja, pengembangan ternak ayam kampung ini lanjut Ngalim juga dilaksanakan disejumlah desa yang ada di sekitar wilayah kerja perusahaan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Rukun, Ahmad Raja menyampaikan, terima kasihnya  kepada PT SMGP yang telah melibatkan masyarakat dalam program corporate sosial responsibilty. 

Raja menyebut, jika program ini sangat membantu bagi masyarakat khususnya para kelompok Tani Rukun yang anggotanya berjumlah 12 orang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh jajaran perusahaan yang peduli pada pengembangan ekonomi masyarakat. Bantuan ini akan kami manfaatkan untuk menambah penghasilan anggota kelompok," sebut Raja.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023