Atlet panjat tebing Sumatera Utara yang disiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh fokus pada pembenahan fisik yang dinilai merupakan elemen penting dalam meraih prestasi di ajang empat tahunan tersebut.

Pelatih Panjat Tebing PON Sumut Hendra di Medan, Sabtu, mengatakan saat ini atlet panjat tebing Sumut yang disiapkan untuk PON fokus latihan peningkatan stamina dan teknik melalui program pelatda jangka panjang.

"Kita tetap berlatih penuh semangat, walau ada kekurangan peralatan latihan, seperti tali untuk pemanjatan yang sudah usang, maupun ketiadaan bolder lintasan pendek. Kalau KONI meminta minimal 10 sesi, maka kami malah berlatih 11 sesi dalam satu pekan," kata Hendra.

Sebanyak 11 atlet pelatda panjat tebing Sumut berlatih di tiga tempat yaitu, latihan fisik di lapangan Benteng Medan dan Yayasan Perguruan Gajah Mada serta latihan teknik di hal stadion mini Dispora Sumut.

Atlet tersebut adalah Ryan Gordon Sitorus, Glen Bakri, B M R Sitorus Pane, A A Sitorus Pane, Irqi Fatahilla, M Sanip, Agustinus Dachi, AMG Sembiring, Dina R Simanjuntak, Siti Nur Nabila Huda,Fitri Sitorus. Sementara pelatih Wahyu Saputra, Hendra, Fitriadi.

"Sebenarnya FPTI Sumut berharap bisa diperkuat delapan putra dan delapan putri sesuai kuota sebagai tuan rumah, sebab itu tim pelatih akan menjaring atlet tambahan untuk diusulkan kepada KONI Sumut," tambahnya.

Sementara pelatih panjat tebing PON Sumut Wahyu Saputra mengungkapkan kegembiraannya dengan hasil dari babak kualifikasi PON Panjat Tebing pada 23-31 Oktober di Semarang. Dalam ajang tersebut atlet Sumut meraih medali perunggu dari speed beregu putri.

Hasil babak kualifikasi tersebut mengindikasikan kemampuan atlet panjat tebing Sumut terus mengalami peningkatan dan diharapkan kemampuan tersebut dapat terus diasah sehingga pada PON nanti target satu emas yang dibebankan dapat tercapai.

Saat ini, FPTI Sumut sedang mempersiapkan atlet untuk mengikuti Kejurnas Panjat Tebing pada 14-17 Desember.

"Mengingat target yang dibebankan, kami berharap KONI dan Dispora bisa memfasilitasi agar tim panjat tebing Sumut bisa berlatih di pelatnas demi meningkatkan mental bertanding mereka," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023