Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memberikan penghargaan Kampung Pancasila kepada Kabupaten Asahan.

Penghargaan diterima oleh Wakil Bupati Asahan Taufik ZA Siregar bersama Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Muhamad Bassarewan.

"Kami bangga atas prestasi yang diraih ini dan prestasi ini dapat diraih berkat adanya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Asahan dengan Kodim 0208/Asahan,” kata Taufik usai mengikuti rangkaian kegiatan penghargaan, Sabtu.

Asahan berhasil keluar sebagai juara pertama Kampung Pancasila 2023 kategori Desa, yakni Desa Sipaku Area Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Penghargaan diberikan di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Jumat (8/12).

Wabup berharap keberadaan Kampung Pancasila dapat mempererat persatuan dan kerukunan masyarakat, yang memiliki perbedaan, baik itu suku dan agama satu dengan yang lainnya.

"Jadikan Kampung Pancasila sebagai wadah kebhinnekaan dan toleransi," tutur dia, sembari mengatakan penyerahan penghargaan juga disaksikan oleh pihak jajaran Kodim 0208/Asahan melalui aplikasi "Zoom".

Sementara itu, KASAD menegaskan, sebagai generasi muda harus bisa merawat dan menjalankan nilai-nilai Pancasila. Kampung Pancasila merupakan bentuk inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, baik di tingkat desa maupun Kota yang masyarakatnya beragam. 

Tujuan akhirnya menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan damai di wilayah itu, dengan Pancasila sebagai pandangan hidup bersama. KASAD berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut ke depannya.

Adapun para pemenang untuk Kampung Pancasila Kategori Desa adalah Desa Sipaku Area Kodim 0202/Asahan Kodam I/Bukit Barisan sebagai juara, peringkat II Desa Bulu Cindea Kodim 1412/Pangkep Kodam XIV/Hasanuddin dan peringkat III Desa Telaga Panca Kodim 1508/Tobelo Kodam XVI/Pattimura. 

Sedangkan untuk Kampung Pancasila Kategori Kota, gelar juara diraih Kecamatan Girimulyo Kodim 1705/Nabire Kodam XVII/Cenderawasih, peringkat II Kecamatan Bulukuk Kodim 0413/Bangka Kodam II/Sriwijaya dan peringkat III diraih Kecamatan Kampung Baru Kodim 1609/Buleleng Kodam IX/Udayana.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023