Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara(Sumut) menerapkan berstandar VIP dalam pengamanan rangkaian kampanye calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di wilayah ini.

"Untuk mengantisipasi berbagai bentuk gangguan keamanan terhadap orang yang berstatus VIP, maka diperlukan satuan pengamanan yang proporsional dan profesional dalam melaksanakan tugasnya," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Sumut, Senin.

Ia mengatakan pengamanan VIP terdiri dari unit-unit yang melekat selama kegiatan VIP yaitu tim advance, tim Pengawalan, tim escort, tim Pengawal Pribadi, tim Pemukul dan tim medis.

Ia melanjutkan pengamanan selama masa Pemilu 2023-2024 menindaklanjuti instruksi Mabes Polri berdasarkan kerja sama dengan KPU dalam memberikan pengamanan serta pengawalan terhadap para pasangan Capres dan Cawapres selama masa kampanye Pemilu 2024
 

"Pengamanan yang digelar dalam rangka Operasi Mantap Brata Toba 2023," tuturnya.

Sebelumnya, Polda Sumut juga menyiapkan 5.930 personel terlatih untuk pengamanan Pemilu 2024 di daerah ini guna menciptakan situasi kamtibmas agar tetap aman dan damai .

"Diturunkan sebanyak 5.930 personel, sementara untuk sarana prasarana pengamanan pemilu di antaranya K9, jibom, bus 'command and monitoring', yang dikendalikan dari 'Command Center' Operasi Mantap Brata Polda Sumut," kata Kabid Humas Polda Sumut.

Ia mengatakan langkah ini sebagai upaya dan komitmen Polda Sumut beserta jajaran dalam mengamankan Pemilu 2024 di provinsi ini sehingga berjalan aman dan nyaman.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023