Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara bersama National Paralympic Committee (NPC) bersinergi dalam merekrut pelajar disabilitas di antaranya menjaring pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk dibina menjadi atlet berprestasi.

Komitmen tersebut disampaikan Kabid Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Elisabeth Simanjuntak saat menerima audiensi pengurus NPC Sumut di kantor Disdik Sumut, Jumat.

Elisabeth Simanjuntak mendukung penuh proses pembinaan atlet di SLB. Kiranya, NPC juga bisa menjalin kerja sama dengan Dispora dan SLB di kabupaten/kota agar lebih maksimal merekrut atlet.

"Perda disabilitas baru disahkan Kemendagri dan kemudian lanjut kita susun pada Pergub. Mudah - mudahan dengan adanya Pergub ini bisa memaksimalkan pembinaan atlet pelajar," katanya.

Sementara Sekretaris Umum NPC Sumut Suliadi mengatakan, selama melakukan kunjungan ke sejumlah kabupaten dan kota, banyak SLB yang memiliki pelajar berprestasi termasuk di bidang olahraga.

Untuk itu ia berharap dinas pendidikan dapat bersinergi dengan NPC Sumut agar mudah dalam merekrut pelajar berbakat di bidang olahraga.

"Pembinaan atlet di NPC Sumut terus berjalan. Ke depan, NPC di kabupaten/kota punya peran untuk kerja sama dengan SLB. Kami membina atlet yang terseleksi di kabupaten/kota. Harapannya, sinergi ini bisa mempermudah kami merekrut atlet di SLB," katanya.

Dalam audiensi tersebut, Suliadi juga meminta NPC Sumut mendapat fasilitas khusus wisma atau lokasi Pelatda penuh agar fokus atlet tertuju pada persiapan Peparnas. Mengingat saat ini, atlet masih menginap di lokasi berbeda - beda, mulai di sekretariat, penginapan venue, hingga homestay.

"Kita juga bermohon jika ada gedung penginapan atau wisma yang bisa digunakan untuk sentralisasi atlet Pelatda Peparnas. Selama ini kita bagi ke beberapa lokasi. Mulai dari penginapan di sekretariat sampai kita ngontrak rumah," ujarnya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023