Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut sebanyak lebih dari 1,2 miliar surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hingga Rabu masih dalam proses cetak.
 
Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan bahwa saat ini proses produksi masih terus berlanjut guna mencetak seluruh surat suara.
 
"Setelah selesai produksi, KPU akan segera mengirim ke daerah," kata Idham saat diwawancarai wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

Idham menjelaskan bahwa distribusi ini akan melibatkan KPU di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten serta pihak pengamanan.

Distribusi, kata dia, juga ke tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di luar negeri.
 
Khusus surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, KPU sudah selesai mendesain. Selanjutnya surat suara ini akan diproses cetak.
 
Dalam desain surat suara pilpres, terlihat foto Pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden RI nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menggunakan jas berwarna hitam dengan kemeja putih di bagian dalam.
 
Untuk pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terlihat menggunakan kemeja dengan warna biru yang sama.
 
Agak berbeda tampak pada foto paslon nomor urut 3, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Pasangan ini menggunakan kemeja dengan warna berbeda. Dalam desain terlihat Ganjar menggunakan kemeja berwarna hitam, sedangkan Mahfud berwarna putih.
 
Selain itu, dalam kotak gambar masing-masing paslon, logo gabungan partai pengusul juga dicantumkan dan terdapat di bagian bawah foto capres/cawapres.
 
Seluruh desain surat suara tersebut, kata dia, sudah sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 1202 Tahun 2023, kemudian diubah dengan Keputusan KPU Nomor 1549 Tahun 2023 .
 
"Jadi, desain surat suara sepenuhnya mengacu pada kedua keputusan tersebut," ungkap Idham.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 1,2 miliar lebih surat suara Pemilu 2024 masih proses cetak

Pewarta: Donny Aditra

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023