Rektor beserta seluruh jajaran pimpinan dan civitas akademika Universitas Negeri Medan (Unimed) siap membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Gedung Pusat Administrasi Unimed.

Adapun yang melakukan penandatangan pakta integritas dalam acara pencanangan ZI dilakukan oleh Rektor, Ketua Senat, Wakil Rektor, Sekretaris Senat, Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga dan Kepala Biro. Penandatangan pakta integritas ini sebagai wujud komitmen dan keseriusan pimpinan, senat dan seluruh civitas dalam pembangunan zona integritas di semua fakultas dan pascasarjana di lingkungan Unimed.

"Penandatanganan pakta integritas ini merupakan wujud keseriusan dari pimpinan Unimed untuk meningkatkan kualitas semua layanan di kampus, sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2012 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Pemerintah, yang targetnya adalah tiga sasaran hasil utama yaitu, peningkatan kapasitas akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik," kata Rektor Unimed Prof Dr Baharuddin, M.Pd, dalam sambutannya, Selasa.

Baharuddin menyebutkan kegiatan ini sebagai bukti dan kesungguhan seluruh pimpinan dan warga Unimed dalam pembangunan ZI untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari pemerintah, melalui Kemenpanrb dan Kemdikbudristek RI.

Unimed telah berkomitmen dan menetapkan semua Fakultas dan Pascasarjana Unimed dalam pembangunan Zona Integritas, karena Kemendikbudristek telah menetapkan semua fakultas harus dipersiapkan dalam pembangunan zona integritas.

"Kegiatan yang kita laksanakan ini menjadi langkah lanjutan dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim Reformasi Birokrasi di Unimed," ucapnya.

Ia mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini melibatkan berbagai pihak, baik dari internal dan eksternal, sebagai wujud kesungguhan komitmen dan keseriusan Unimed dalam pembangunan Zona Integritas semua fakultas dan pascasarjana dalam meraih predikat WBK dan WBBM dari pemerintah.

Pimpinan berkomitmen untuk terus memperbaiki dan berinovasi dalam meningkatkan semua bentuk layanan yang ada di internal Unimed. Hal ini dilakukan agar semua warga Unimed, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan, serta seluruh masyarakat dapat menerima semua layanan terbaik di Unimed, baik kemudahan akses layanan, memberikan layanan yang mudah, ramah, mudah dan terbuka.

"Selain itu kita harus ciptakan nilai budaya Unimed yakni, 'Kerjakan Sesuatu dengan Ikhlas dan Benar, dalam semua layanan. Hal ini kita lakukan sebagai upaya dalam memajukan kampus kita sebagai perguruan tinggi yang maju dan berdaya saing," kata Rektor Unimed.

Penandatanganan Pakta Integritas disaksikan langsung oleh Perwakilan dari Ditjen Diktiristek M. Ali Akbar, Perwakilan dari Itjen Kemendikbudristek Sujatmiko Wibowo, Perwakilan Gubernur Sumut, Kapolda Sumut diwakili Plt. Irwasda Kombes Pol. Wahyu Kuncoro, Pangdam I/Bukit Barisan diwakili Asisten Perencanaan Kolonel Inf Rofiq Yusuf.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023