Polres Serdang Bedagai mengajak para nelayan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) perairan.

"Mari bersama-sama menjaga sitkamtibmas perairan agar tetap aman. Jangan mudah terprovokasi dan terpancing dengan berita-berita hoaks yang sifatnya dapat mengadu domba sesama nelayan," ujar Plt Kasi Humas Polres Sergai Iptu Edward Sidauruk di Serdang Bedagai, Selasa, saat penyuluhan kepada nelayan di Desa Pantai Cermin Kanan.

Edward juga mengimbau tentang pentingnya menjaga keselamatan sebelum melaut seperti dengan mengecek kondisi kapal, melengkapi alat-alat navigasi dan membawa pelampung serta racun api.

"Bukan hanya keselamatan, nelayan dan awak kapal juga harus mengetahui zona wilayah penangkapan ikan sesuai undang-undang dan peraturan pemerintah," imbuhnya.

Di samping itu, Edward mengingatkan pula kepada nelayan agar menjaga kekompakan dan silaturahmi meski mencari ikan di jalur tangkap yang sama.

"Jika ada masalah sesama nelayan alangkah baiknya diselesaikan dengan baik. Jangan sampai menimbulkan kegaduhan di perairan yang dapat mengganggu sitkamtibmas," kata dia.

Di akhir penyuluhan, Edward berharap nelayan turut serta menciptakan iklim demokrasi yang kondusif menjelang Pemilu 2024.

"Hal ini ditujukan agar tidak lagi terjadi polarisasi, SARA dan politik identitas saat menghadapi tahun politik 2024," tutur dia.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023