Perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi PT SMGP membantu masyarakat Desa Huta Lombang, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, mengembangkan budi daya lebah trigona, melalui pemberian bantuan kepada kelompok pembudi daya lebah KLP Bonca Jaya.

"Salah satu fokus kami adalah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami ingin kehadiran SMGP benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat wilayah kerja perusahaan, baik secara langsung maupun tidak melalui program corporate social responsibility kami," ujar Koordinator Community Development PT SMGP Ngalim di Mandailing Natal, Minggu.

Mewakili pimpinan PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP), Ngalim menyebut pihaknya memang fokus untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui budi daya lebah di perkebunan kopi. 

Pengembangan budi daya lebah ini nantinya diharapkan dapat mendukung ekonomi kreatif masyarakat yang ada di desa itu.

PT SMGP pun memberikan bantuan berupa 10 kotak benih lebah madu jenis itama, 10 kotak jenis torachica dan sejumlah perlengkapan budi daya lainnya untuk KLP Bonca Jaya.

Selain itu, kelompok yang beranggotakan 17 orang tersebut juga menerima bantuan bibit kopi sebanyak 5.600 batang. Bantuan tersebut diserahkan langsung koordinator tim community development PT SMGP, Ngalim dan Bahrein serta Gina Nabilah, Sabtu (25/11).

Ngalim menyebut, sinergi budi daya lebah madu di kebun kopi merupakan bagian dari upaya peningkatan produksi kopi melalui optimalisasi penyerbukan oleh lebah dan bunga tanaman kopi sebagai sumber makanan bagi lebah yg akan menghasilkan madu.

Dia pun berharap, dengan adanya bantuan itu, seluruh anggota kelompok lebih menekuni bidang usahanya supaya semakin berkembang. 

"Kami juga memberikan  bimbingan dan secara berkala kita pantau apa kendala yang dihadapi kelompok nantinya. Program ini tujuannya bagaimana masyarakat bisa hidup mandiri melalui ekonomi kreatif dengan memanfaatkan potensi di desa masing-masing," kata Ngalim.

Atas bantuan itu, Ketua KLP Bonca Baya Abdurrouf mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh PT SMGP kepada masyarakat khususnya warga Desa Huta Lombang. 

Ia mengatakan bantuan ini akan mereka manfaatkan guna membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya anggota.

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk mengembangkan usaha budidaya lebah madu dan tanaman kopi. Kami harap PT SMGP tetap memperhatikan masyarakat sehingga ekonomi kami makin maju, terima kasih bapak pimpinan dan seluruh jajaran CDCR PT SMGP," kata Abdurrouf.

 

Pewarta: Holik

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023