Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik menurunkan tim medis untuk ajang Aquabike Jetski World Championship 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

"Tim kami beranggota sebanyak 33 orang terdiri atas dokter spesialis dan paramedis,” ujar Ketua Tim Kesehatan RSUP HAM Dr dr Kamal Basri Siregar M.Ked(Surg) SpB(K)Onk FICS di Medan, Jumat.

Ia melanjutkan, tim kesehatan itu terbagi atas ICU VVIPp, trauma center dan heliped yang terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, petugas farmasi, teknisi alat medis dan staf pendukung.

"Dokter ahli yang bertugas terdiri atas lima spesialisasi yakni anastesi, spesialis bedah syaraf, spesialis bedah thoraks dan kardiovaskular, spesialis ortopedi, dan spesialis penyakit dalam," tuturnya.
 


Selain mengirim petugas medis, Kamal mengatakan rumah sakit tipe A ini juga memberangkatkan ambulans khusus untuk pelayanan medis bagi tamu VVIP, termasuk Presiden RI dan keluarga selama acara berlangsung.

"Ambulans VVIP ini dilengkapi dengan instalasi mini ICU (Intensive Care Unit) yang dioperasikan oleh dokter spesialis dan perawat ahli. Kemudian, dilengkapi pula dengan obat-obatan dan alat medis pendukung lainnya," ucapnya.

Ditambah dengan trauma center rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI  ini juga sudah standar sesuai persyaratan internasional untuk ajang ini.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menunjuk langsung RSUP H Adam Malik sebagai rumah sakit rujukan utama pada even internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 yang akan berlangsung dalam wilayah Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Toba pada 22-26 November 2023 tersebut.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023