Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Agung Setya bersama sejumlah pejabat tinggi dari Poldasu mengunjungi Kabupaten Samosir guna melakukan pengecekan kesiapan pengamanan event Aquabike Jetski World Championship 2023, Rabu (22/11).

Disambut Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dan Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, rombongan Kapoldasu tiba di Floating Stage Zona III, Water Front City (WFC) Pangururan sekira pukul 08.40 pagi. 

Di lokasi, Irjen Pol Agung Setya pertama sekali meninjau pameran UMKM di Floating Stage Zona III yang kemudian dilanjutkan melihat para peserta event melakukan Endurance I Aquabike.

Di hadapan bupati dan kapolres, Irjen Pol Agung Setya mengatakan hari pertama pelaksanaan event Aquabike Jetski World Championship 2023 akan dimulai dengan start pertama lintasan balapan dari Pangururan ke Tongging (Dairi) sejauh 36 Km. Semua jalur telah disurvei dan akan berjalan sesuai jadwal. "Semua jalur telah siap, semua berjalan sesuai jadwal ditentukan," kata Irjen Pol Agung Setya.


Dia menegaskan untuk pengamanan dilakukan dengan maksimal melibatkan sebanyak 1.980 personel tersebar di beberapa kabupaten dengan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.

"Selama event, 1.980 personel kepolisian sudah ada di Samosir, Karo, Dairi dan Toba. Tugas utama melakukan pencegahan gangguan dan bahaya kecelakaan. Personel seluruhnya sudah memiliki perlengkapan untuk itu," sebut Kapoldasu menambahkan.

Agung juga menambahkan mulai dari Ops Sikat Toba di setiap Polres, pembersihan eceng gondok di kawasan Danau Toba hingga penambahan kapal pengawalan guna mengantisipasi segala kemungkinan telah dilakukan pihaknya untuk mendukung event kejuaraan dunia Aquabike itu berjalan sukses.

"Tentunya rangkaian-rangkaian kegiatan ini semua menunjukkan komitmen dan kesiapan penuh kita aparat kepolisian dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan event Aquabike Jetski World Championship 2023 sebagai tuan rumah di mata dunia," jelas Irjen Pol Agung Setya mengakhiri. 

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023