Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST, Ketua Komisi II DPRD Samosir Parluhutan Samosir, Kelompok Tani dan Tim Martin Manurung Center Kabupaten Samosir melakukan penanaman Kentang di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Selasa (7/11).

Ikut dalam penanaman tersebut Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang, Camat Harian Hartopo Manik, Pj. Kades Hariara Pintu Josro Tamba, dan PPL.

Ketua Komisi II DPRD Samosir Parluhutan Samosir juga menyampaikan apresiasi kepada Martin Manurung. Berkat dukungan melalui aspirasinya bantuan ini bisa diterima oleh petani. 

"Dengan APBD Samosir yang sangat minim, Bupati terus membangun sinergitas dengan Pemerintah Pusat, salah satunya dengan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung, sehingga berkat aspirasinya, bantuan ini bisa turun ke Kabupaten Samoair," katanya.
 

Parluhutan berharap bantuan ini dapat memacu semangat para kelompok tani dikawasan KPT Hariara Pintu, sehingga kedepan bisa mewujudkan petani yang mandiri dan menjadikan KPT ini sebagai model pertanian di Kabupaten Samosir.
 
Dalam arahannya, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menekankan bahwa program bantuan ini adalah hasil sinergi bersama Kementan RI dibantu aspirasi dari Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung, SE, M.A.

Kepada penerima, Vandiko meminta agar melakukan budidaya dengan sebaik-baiknya, mulai dari pertanaman, pemeliharaan sehingga bisa panen tepat waktu dan memperoleh hasil yang maksimal, tentu dengan pendampingan dari petugas penyuluh dari Dinas Ketapang dan Pertanian.

Terkait pengembangan KPT, Bupati juga meminta agar petani tidak terpancing dengan isu-isu negatif yang digoreng oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab. 

"Dengan luasan sekitar 2.650 Ha, mengembangkan kawasan ini membutuhkan kesabaran. Oleh karena itu kita akan terus berupaya membangun sinergitas dengan pemerintah pusat dan propinsi untuk membangun kawasan ini," ujar Bupati Vandiko Gultom.

 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023