Di hari peringatan Koperasi,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Koperasi, Perdagangan dan Industri (Diskopdagin) Asahan meluncurkan aplikasi Mall UMKM.

Kadis Kopdagin Asahan, Ilham mengatakan aplikasi Mall UMKM  merupakan salah satu cara Dinas  membantu UMKM di Kabupaten Asahan dalam memasarkan produk-produknya. 

" Selain itu Mall UMKM juga dibuat untuk mensukseskan 10 program prioritas Pemkab Asahan yakni Ekonomi Mandiri," ucap Ilham, Senin (13/11) di dinas setempat.

Kadis juga menjelaskan peluncuran mall UMKM tersebut dilakukan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-76 yang di gelar di Hutan Kota Taufan Gama Simatupang (TGS) kemarin, diantaranya, pengundian kupon lucky draw dan penyerahan sertifikat bagi koperasi Tingkat Kabupaten Asahan dan kegiatan lainnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Asahan, Ir. Oktoni Eriyanto, mewakili Bupati Asahan menyambut baik atas kegiatan HUT Koperasi ke -76 Tingkat Kabupaten Asahan bagi gerakan koperasi se-Kabupaten Asahan.


 "Kegiatan ini salah satu cara mendorong gerakan masyarakat sadar berkoperasi (Gemaskop) khususnya bagi generasi muda," ujarnya.

Selanjutnya Oktoni mengatakan, pemerintah saat ini fokus pada pengembangan usaha koperasi di sektor ril, gunanya adalah membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas, agar manfaat dan nilai tambah yang dihasilkan dapat terdistribusi kembali ke anggota.

"Kita tahu bahwa Indonesia memiliki potensi unggulan dalam bentuk komoditas, kerajinan, destinasi wisata atau lainnya, maka itu koperasi harusnya menjadi pemain utama dalam potensi unggulan daerah masing-masing, " ungkapnya sembari mengatakan bangga berkoperasi Indonesia Maju sesuai dengan tema HUT Koperasi ke-76 tahun ini.

Kegiatan dirangkai dengan pemotongan tumpeng dan pameran produk UMKM Asahan, mulai dari keripik hingga minum sehat. Bahkan stan produk UMKM tersebut yang di pamerkan habis terjual.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023