Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, terus mengembangkan startup (perusahaan rintisan) lewat berbagai ajang, termasuk di Medan Startup Exhibition 2023 di gedung Pancasila Universitas Sumatera Utara (USU). 

"Acara di gedung Pancasila USU ini diikuti oleh ratusan pelaku startup," ucap Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Yuda Pratiwi Setiawan di Medan, Kamis. 

Pihaknya mengaku Medan Startup Exhibition 2023 ini merupakan wadah memperkenalkan dan mengedukasi para pelaku ekonomi kreatif, khususnya startup maupun generasi muda di lingkungan perguruan tinggi. 

Untuk itu, Yuda mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengembangkan potensi dirinya, terutama berbisnis agar bisa dijalankan sehingga berkembang startupnya.

"Gali terus informasi dari para narasumber yang hadir, sehingga ke depannya kalian bisa menjadi bagian pengembangan startup di Kota Medan," katanya.

Apalagi saat ini, pihaknya menilai perusahaan rintisan menjelma menjadi suatu keutamaan di bidang ekonomi kreatif, karena telah membuka peluang kerja bagi orang banyak.


Data Disnaker Kota Medan mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan pada 2022 turun menjadi 8,89 persen dari sebelumnya 10,81 persen pada 2021.

"Karena itu, Pemkot Medan terus mendukung startup agar dapat mengurangi pengangguran di Kota Medan," tutur Yuda. 

Zulham dari "Startup Bisa Jadi Creative" mengaku pihaknya mengapresiasi digelarnya Medan Startup Exhibition 2023 oleh Pemkot Medan. 

Menurutnya ajang seperti ini bisa mempromosikan brand atau merek yang dimiliki oleh perusahaan rintisan, sehingga lebih dikenal masyarakat luas.

"Sangat bagus lah, brand kami bisa dikenal orang dan bisa berkembang lagi," ungkap Zulham.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023