Pemerintah Kabupaten Karo melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata melibatkan UMKM lokal pada Kejuaraan Dunia Aquabike 2023. 

"Sudah pasti kami memprioritaskan UMKM," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo Munarta Ginting saat dihubungi ANTARA dari Medan, Selasa. 

Ia mengatakan terkait teknis UMKM lokal yang dilibatkan tersebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kepala desa setempat yaitu Desa Tongging. 

"Ada lima UMKM lokal yang akan kami kurasi lagi untuk produk-produk yang akan mendukung kejuaraan internasional ini," ucapnya. 

Munarta berharap dengan adanya kejuaraan berskala internasional nanti bisa membangkitkan pendapatan UMKM lokal dan memperkenalkan produk lokal di level nasional maupun mancanegara. 

Dia menambahkan, Pemkab Karo telah mempersiapkan diri sebagai salah satu tuan rumah dalam pelaksanaan kejuaraan Aquabike tersebut. 

"Pemkab Karo telah mempersiapkan acara pendukung lainnya di antaranya membuat Karo Music Camp dan festival paralayang," ujarnya. 

Untuk itu, Pemkab Karo optimistis pengunjung yang hadir nanti mencapai lebih 2.000 turis pada perhelatan yang digelar 22-26 November 2023.

"Selain itu, kami juga mempersiapkan fasilitas pendukung, salah satunya penginapan, dengan pelayanan yang maksimal," ucapnya. 

Kejuaraan Dunia Aquabike (Aquabike World Championship) 2023 merupakan seri kejuaraan "jet ski" tingkat dunia yang akan diselenggarakan di Danau Toba untuk pertama kalinya, tepatnya di Kabupaten Toba, Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Samosir.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023