Merajut Keberagaman Untuk Persatuan Nusantara, tokoh lintas agama, Suku dan Budaya berikrar merajut keberagaman Nusantara di depan Wakil Presiden RI.

Sebagai ikhtiar memperkuat rajutan "Keberagaman Nusantara" dan menjaga nilai-nilai luhur yang sudah diletakkan oleh para leluhur dan pendiri bangsa, Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) menggelar Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara dengan semangat Falsafah Pancasila & Semangat Dalihan Na Tolu di GOR Sumatera Utara, Kamis, 19 Oktober 2023.

Acara ini melibatkan tokoh lintas agama dan suku budaya untuk Berikrar bersama dalam merajut Keberagaman Nusantara sekaligus menorehkan nota Kesepahaman yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI, beserta 12 ribu warga dari berbagai elemen masyarakat sumatera utara.

Adapun tokoh lintas agama dan suku yang hadir, dan bersepakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia ini adalah :

Tokoh lintas agama:
1. Ketua MUI Sumut : Dr. H. Maratua Simanjuntak
2. Perwakilan Kristen : Pdt. Dr. Akhmad Kadri Harahap, M.Th.
3. Perwakilan  Katolik: Pastur Albert Pakpahan
4. Perwakilan Budha :
Brilian Mochtar, SE. MM., MH.
5. Perwakilan Hindu : Pasu Patih
6. Perwakilan Konghuchu : Muslim Linggou
7. Perwakilan FKUB : Drs. Anshoruddin, MH

Tokoh lintas suku dan ormas paguyuban:
1. Sultan deli tuanku aria lamandjiji perkasa : Melayu
2. Bobby Nasution : Tokoh Muda Mandailing 
3. Rahmat Shah Tokoh Sumatera Utara
4. Dr. RE nainggolan : Batak toba
5. H. Ruslan : Pandawa
6. Eko sofyanto : Pujakusuma
7. Prof. Dr. Dadan ramdan M.eng, M.sc : Sunda (paguyuban warga sunda sumut)
8. Nabari ginting : Batak Karo
9. Hasan basri : Wongkito
10. Drs. H. Zahri piliang MA : Pesisir (Mabsi)
11. Mahyani muhammad : Aceh Sepakat
12. Dr. Musyuhito solin : Pakpak Bharat/Dairi
13. Drs. Solomon sinaga :  Batak Simalungun
14. Sowa’a laoli : nias
15. Prof. Dr. I wayan dirgayasa MA : Bali (ketua suka duka dirgayuyusa)
16. Ince weya Spd, M.si : Papua
17. Datuk adil freddy Haberham : kepala urung sepuluh dua kuta
18. I.H nasution : Ikanas
19. Hasan gaido : banten
20. Nasril ibrahim: KKSS Sumut (Bugis)
21. Mashul SPdi, Msi : sasak lombok (aliansi SLI sumut)
22. Lambok Sihombing : Ketua Umum Pemuda Batak Bersatu
23. Pemuda Marga Silima (PMS)
24. Pemuda Maluku Satu Rasa
Dalam kesempatan ini, para tokoh lintas agama dan suku, ingin menyerukan pesan untuk saling menghormati, saling menghargai dan saling menyayangi sesama anak bangsa. Para tokoh tersebut sepakat dan meyakini bahwa keberagaman yang ada di Indonesia adalah Anugerah dari yang maha kuasa, dan modal utama untuk mewujudkan Indonesia yang Kuat dan Tangguh.

Senada dengan penggagas kegiatan ini, H. Arif Rahmanysah Marbun, Ketua Umum Jam’iyah Batak Muslim Indonesia, para tokoh lintas agama dan suku bersepakat untuk menjaga kerukunan, menciptakan suasana yang damai, serta menolak semua paham yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Salah satu perwakilan tokoh melayu menyampaikan, “Kami sangat mendukung kegiatan yang digelar JBMI dan siap berkolaborasi untuk terus menyerukan pesan persatuan”. Ujar Sultan Deli Tuanku Aria Lamandjiji Perkasa pasca menandatangani Nota Kesepahaman.

Wapres RI, K.H Ma’ruf Amin yang menyaksikan langsung prosesi penandatangan tersebut, sangat mendukung kegiatan yang digelar oleh JBMI, dan meminta agar seluruh pihak untuk terus konsisten dalam mengembangkan corak keberagamaan yang moderat, inklusif, dan toleran, atau yang dikenal dengan moderasi beragama.

Zulkifli Sitorus selaku Ketua Pelaksana, Faisal Alfansury Simanjuntak Selaku Koordinator Panitia Nasional, beserta jajaran pengurus dan kepanitiaan mengucapkan rasa syukur acara ini berjalan dengan lancar dan diterima oleh seluruh elemen masyarakat, dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

Pewarta: Rel

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023