Walau diguyur hujan, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023, dapat dilaksanakan di Pendopo Alun-alun Tengku Amir Hamzah Stabat,Sabtu (28/10), dengan pembina upacara Plt Bupati Syah Afandin.

Pada kesempatan itu puluhan remaja Langkat dengan berpakaian lintas etnis mengawal Syah Afandin pada kesempatan itu membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

"Bahwa kita ketahui bersama bahwa setiap tanggal 28 Oktober kita selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen Pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme," katanya.

Sekaligus menyatukan misi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia, sambungnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun ini mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia" tema ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan berkolaborasi dalam memajukan Indonesia dan Logo Hari Sumpah Pemuda ke-95 berbentuk stilasi barisan manusia yang berwarna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. 

Dimana pemerintah Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax ujaran kebencian, serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur. 

"Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri," ajaknya.

Pada kesempatan itu dilakukan pemberian piagam penghargaan kepada 10 tokoh pemuda Kabupaten Langkat diantaranya kepada Hamdi Hidayat SH (Wakil Ketua KNPI Langkat) selaku tokoh peduli pemuda, Muhammad Rifa'i Badawi SPd (KNPI Langkat) tokoh peduli pertanian dan holtikultura, Sahmujar (KNPI Langkat) tokoh peduli pemuda.

Lalu, Muhammad Angga Setiawan ( KNPI Langkat) tokoh peduli olahraga, Zaidurrahman Siregar S.pd (KNPI Langkat) tokoh peduli Pemuda, Ahmad  (KNPI Langkat) tokoh peduli nelayan, 
Safarudin SPdi (KNPI Langkat)  tokoh peduli pendidikan, Ardiansyah Putra Ismail (KNPI Langkat) tokoh peduli ekonomi kreatif, Dian Permatasari STP (KNPI Langkat ) tokoh peduli ekonomi kreatif, Imam Fadilah tokoh pemuda pelopor pendidikan

Selanjutnya Plt Bupati Langkat melepas kirab Nusantara Kabupaten Langkat Drumband (KLDC) yang di ikuti 21 peserta tim yang berasal dari Tim Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Kota Medan, memperebutkan piala Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Langkat.

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023