Inovasi menjadi salah satu aspek penting dalam pembangunan daerah berkelanjutan dan kunci utama dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pelayanan publik, serta mendorong daya saing daerah, kata Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar.

Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar di Lubuk Pakam, Jumat mengatakan, inovasi sangat penting dilakukan semua perangkat daerah, karena dengan inovasi juga diharapkan bisa menyelesaikan persoalan yang ada di daerah.

Dia mengatakan dengan inovasi, percepatan kinerja aparatur dan pemerintah daerah dapat berjalan lebih baik.

"Pemkab Deli Serdang terus berupaya mengembangkan inovasi setiap perangkat daerah dan berinisiasi untuk mendorong berkembangnya inovasi melalui lomba inovasi dan tahun ini telah melibatkan masyarakat luas," katanya pada acara penganugerahan inovasi daerah Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023.

Untuk itu ia meminta kepada seluruh perangkat daerah Kabupaten Deli Serdang untuk membuat inovasi di masing-masing unit kerja setiap tahunnya dengan membangun karya dan terobosan guna percepatan pelayanan publik.
Dia menekankan perangkat daerah setiap tahunnya harus mempedomani peraturan bupati Deli Serdang tentang inovasi daerah dan surat edaran bupati tentang pelaksanaan satu unit kerja satu inovasi di Deli Serdang untuk menjadi terobosan dan meningkatkan capaian kinerja masing-masing perangkat daerah.

Dalam kesempatan itu ia juga memberikan apresiasi kepada Pusat Strategi Kebijakan Pengembangan Daya Manusia, Teknologi Informasi dan Inovasi Pemerintahan Dalam Negeri Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri yang telah memberi motivasi, dukungan dan pembinaan kepada Pemkab Deli Serdang, sehingga bisa mewujudkan dan mendorong perangkat daerah untuk terus berinovasi.

"Harapan saya ke depan, agar inovasi ini bisa terus berkelanjutan dan memberi dampak baik seperti yang kita inginkan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Deli Serdang, Dr Remus Hasiholan Pardede mengatakan sejumlah acara digelar dalam rangkaian kegiatan penganugerahan inovasi daerah.

Berbagai kegiatan tersebut dengan maksud untuk memberi penghargaan pada lembaga atau perangkat daerah yang mampu melahirkan inovasi dan tujuannya adalah memberi motivasi dan semangat kepada perangkat daerah untuk berinovasi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023